DAERAH

Matangkan Kepengurusan dan Persiapan Keberangkatan Kontingen Kaltim di Ajang Jambore Nasional Ke XI



SAMARINDA - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kaltim menggelar Rapat Penjelasan Uraian Tugas Pengurus Kwarda dan Pembahasan Persiapan Keberangkatan Kontingen Daerah Pada Jambore Nasional Ke XI Tahun 2022 di Gedung Pramuka, Jalan M.Yamin No. 6, Rabu (27/4/2022).

Rapat dihadiri oleh Muhammad Samsun (Waka/Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan), Dr. H. J. Kuleh (Waka/Ketua Komisi Binamuda), Ir. H. Syamsul Anam (Waka/Ketua Komisi Binawasa), Suharno (Waka/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum), Ir. H. Wahyudi Manaff (Waka/Ketua Komisi Badan Usaha dan Aset), Ir. Wahyu Widhi Heranata, (Waka/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat), Prof. Dr. Ir. H. M. Aswin dan anggota lainnya.

Dalam kesempatan itu Sekretaris Kwarda Kaltim, H. Fachruddin Djaprie mengatakan pihaknya telah membagi tugas kepada masing-masing Ketua Komisi dan Wakil Ketua sesuai bidangnya. Selain itu dirinya menuturkan, tujuan dari rapat ini tidak lain untuk menyamakan persepsi, karena masing-masing merupakan pengurus baru, kemudian mengangkat potensi potensi agar permasalahan dapat dicari solusinya.

"Jadi masing-masing Komisi menyesuaikan program kerjanya dengan rekomendasi yang diberikan. Setelah ini akan kami tugaskan lagi yaitu jadwal berikutnya adalah rapat kerja," ucap Sekretaris Kwarda.

Pada rapat kerja kali ini, lanjutnya juga mengundang seluruh utusan dari cabang - cabang, dengan pedoman pada penjabaran dari musyawarah daerah yang dilakukan di Kutai Timur waktu lalu.


"Kami selalu berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Gubernur. Karena arahan beliau adalah walaupun ibu secara fisik berhalangan hadir, tetapi organisasi harus tetap jalan," tambahnya.

Terkait Jambore Nasional ke-11 (Jamnas XI Tahun 2022) telah ditentukan waktu dan tempat penyelenggaraannya sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 007 Tahun 2022.

Melalui surat tersebut ditetapkan bahwa Jambore Nasional Gerakan Pramuka XI Tahun 2022 diselenggarakan pada tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2022 mendatang, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

"Panitia sudah terbentuk tinggal tandatangan SK untuk melakukan koordinasi ke cabang-cabang. Karena peserta sudah ditentukan, masing-masing cabang mengirim satu regu putra satu regu putri, kontingen Kaltim ada 200," terangnya.

Sementara itu Waka/Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan, Muhammad Samsun menambahkan terkait dengan pembahasan rencana untuk mengikuti Jamnas, Gubernur sudah mendisposisi bahwa anggaran akan diberikan di Anggaran Perubahan Tahun 2022.

"Tentunya nanti akan disinergikan diperhatikan untuk penganggaran terutama biaya untuk Jamnas 2022 dan anggaran untuk Kwarda 2023," pungkasnya.

(Nyn/ADV/KominfoKaltim)