DAERAH

Bantul Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Lebaran

Objek wisata Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul. (Antara/Hery Sidik)
Objek wisata Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul. (Antara/Hery Sidik)


BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut wisatawan maupun pemudik yang berkunjung ke destinasi wisata selama libur hari raya Idulfitri 1443 Hijriah.

"Alhamdulillah tahun ini pemerintah telah memberi kelonggaran untuk dapat mudik dan Lebaran di kampung halaman. Dan Bantul siap menerima pemudik dan wisatawan," kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Minggu (1/5/2022).

Dia pun mengajak pemudik yang merayakan Lebaran bersama keluarga di Bantul agar menjelajahi keelokan dan potensi wisata Bantul. Menikmati kuliner khas Bumi Projotamansari serta jajanan dan aneka kerajinan sebagai oleh-oleh.

"Dapatkan informasi potensi wisata, kuliner dan oleh oleh khas Bantul melalui Jelajah Bantul melalui aplikasi Bantulpedia," kata Halim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, memperkirakan jutaan orang akan memasuki DIY termasuk Kabupaten Bantul untuk merayakan dan menikmati libur Lebaran. Para pemudik ini merupakan potensi yang harus ditangkap oleh para pelaku wisata.


Oleh karena itu, Pemkab Bantul melalui Dinas Pariwisata bersama dengan stakeholder pariwisata di antaranya pengelola destinasi wisata, pengelola desa wisata dan usaha jasa pariwisata berupaya untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang akan mengunjungi Bantul.

"Kita akan bersama-sama stakeholder berupaya melayani wisatawan seoptimal mungkin. Kebersihan, keamanan, prosedur kesehatan sudah dipersiapkan untuk menyambut wisatawan. Harapannya wisatawan menjadi nyaman saat berwisata di Bantul," jelas Heru.

Sejumlah objek wisata di Bantul yang menjadi andalan dan siap dikunjungi wisatawan seperti Pantai Parangtritis dan sepanjang pantai sisi barat. Kemudian berbagai sentra kerajinan seperti batik, kerajinan gerabah dan lain lain.

Pemkab Bantul menargetkan sekitar 150 ribu wisatawan berkunjung ke destinasi wisata yang ada selama libur Lebaran 2022.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo