POLHUKAM

IDULFITRI 1443 H

Halalbihalal Jokowi dan Maruf Amin Lewat Video Call

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana melakukan halalbihalal lewat sambungan video dengan Wakil Presiden, KH Maruf Amin, dan Ibu Wury Maruf Amin dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana melakukan halalbihalal lewat sambungan video dengan Wakil Presiden, KH Maruf Amin, dan Ibu Wury Maruf Amin dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara melakukan halalbihalal dengan Wakil Presiden KH Maruf Amin dan istri melalui panggilan video.

"Assalamualaikum Pak Wapres, kami menghaturkan selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin, saya dan Bu Iriana," kata Jokowi yang berlebaran di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

"Ya sama-sama Pak Presiden, kami mengucapkan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin. Bapak masih di Yogya?," jawab Amin.
 
Tadi pagi, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep, melaksanakan salat Idul Fitri di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta bersama dengan perangkat kepresidenan, personel Pasukan Pengamanan Presiden, dan keluarga pegawai Istana Yogyakarta.

Sementara itu Wapres Maruf Amin dan istri, Wury Maruf Amin, melaksanakan salat id di Masjid Istiqlal Jakarta, bersama keluarga serta sejumlah pejabat negara, salah satunya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Keduanya pun lalu bertukar kabar termasuk soal berkumpul dengan keluarga masing-masing. "Cucu-cucu sudah di Yogya?" tanya Wapres.


"Belum, belum," kata Jokowi, yang disambung Iriana, "Besok pagi Pak Wapres."

"Bapak sudah kumpul semuanya?" kata Jokowi dan dijawab Amin, "Nanti sore ini saya ke Banten."

"Terima kasih Pak Wapres, terima kasih, selamat pagi, Assalamualaikum," kata Jokowi.

Tadi pagi juga, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana juga sempat bersilaturahim ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta. Mereka masih ditemani putra bungsu, Kaesang Pangarep.

Jokowi tiba di Keben Keraton sekitar pukul 09.00 WIB disambut tiga putri Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, GKR Condrokirono, serta GKR Hayu.

Dalam kesempatan itu, Presiden mengenakan kemeja batik dibalut celana panjang hitam, sementara Ibu Iriana mengenakan busana gamis berwarna putih.

Sekitar 30 menit kemudian Presiden berpamitan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta GKR Mangkubumi di Keben Keraton.

"Mengapa Idul Fitri tahun ini saya berada di Yogyakarta, tentu saja yang pertama kali kami kunjungi untuk silaturahmi dan mengaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir batin pada Pak Sultan, Ngarsa Dalem beserta Ibu Ratu (GKR Hemas) dan keluarga," kata Presiden kepada awak media.

Mantan Wali Kota Surakarta itu juga memastikan bahwa perayaan Idulfitri 1443 Hijriah di seluruh provinsi di Indonesia berjalan dengan baik. "Tadi pagi kami pantau (perayaan Idul Fitri) di semua kota, seluruh provinsi juga baik," kata dia.

Sultan Hamengku Buwono X menuturkan bahwa dalam agenda silaturahim tadi, mereka tidak menyinggung soal ekonomi maupun politik.

"Tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang penting mengenai politik, ekonomi enggak. Kami silaturahmi," ujar Sultan yang juga Gubernur DIY itu.

 


Video Terkait:
Ubedilah Badrun Dilaporkan Relawan Jokowi Mania ke Polisi
Editor: Halomoan