POLHUKAM

Jokowi: Pendidikan Anak-anak Kita Tidak Boleh Terabaikan

Presiden Jokowi berdialog dengan anak=anak berbagai daerah pada perngatan Hari Anak Nasional 2021 (Setpres)
Presiden Jokowi berdialog dengan anak=anak berbagai daerah pada perngatan Hari Anak Nasional 2021 (Setpres)


JAKARTA - Pendidikan tidak boleh terabaikan dalam situasi apapun, termasuk dalam berbagai ketidakpastian akibat krisis, pandemi, dan perang yang belakangan mendera dunia .

Pesan itu disampaikan Presiden Joko Widodo untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei.

"Dunia tengah didera ketidakpastian oleh krisis, pandemi, atau perang, tapi pendidikan anak-anak kita tak boleh terabaikan," kata Presiden lewat akun Twitter resmi @jokowi, Senin (2/5/2022).

Menurut Presiden, pendidikan adalah jalan panjang dalam upaya membangun identitas, karakter dan martabat bangsa Indonesia.

"Melalui pendidikan kita menempuh jalan panjang untuk membangun identitas, karakter, dan martabat bangsa Indonesia untuk menyambut masa depan yang lebih maju,” demikian Jokowi.


Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap 2 Mei bertepatan hari lahir R.M. Suwardi Suryaningrat yang lebih dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara, pada 1889. Oleh bangsa Indonesia, beliau dijuluki Bapak Pendidikan Nasional.

Karena tahun ini Hardiknas bertepatan dengan Idulfitri 1433 H dan diikuti cuti bersama yang ditetapkan pemerintah maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan perayaan Hardiknas 2022 dilangsungkan pada 13 Mei mendatang.

Hardiknas 2022 mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar".

Program Merdeka Belajar sendiri adalah program inisiatif Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, yang bulan lalu memasuki Episode ke-18 yakni Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana.
     


Video Terkait:
Jokowi Sentil Kebiasaan Impor
Editor: Halomoan