WISATA

Kunjungi New York, Sandiaga Promosikan Cireng Hingga Tahu Gejrot

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno (Net)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno (Net)


JAKARTA – Kuliner khas Indonesia menjadi salah satu hal yang dipromosikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke New York, Amerika Serikat pada pekan ini. 

Tidak lama setelah tiba di negeri Paman Sam, dia mengunjungi restoran Indonesia di New York. Dalam keterangan tertulis pada Kamis (5/5/2022), Sandiaga mengunjungi Awang Kitchen. Di sana dia dihilangkan sejumlah makanan khas Indonesia, seperti cireng, tempa mendoan dan cilok. 

Dia sempat berguyon dengan Wakil Tetap RI Untuk PBB Arrmanatha Nasir bahwa mereka tidak akan rindu dengan makanan Indonesia karena di Awang Kitchen New York ini semua makanan Indonesia, bahkan lontong ketupat juga ada.

"Sama rasanya seperti yang ada di Garut. Kita dapat sensasi kangkung belacan yang masih mengepul panas, tahu gejrot, dan juaranya adalah ikan bawal bakar madu," jelasnya. 

Menparekraf juga menjelaskan keberadaan restoran tersebut bagian dari Indonesian Spice Of The World (ISUTW). Ini merupakan program Sandiaga dengan membuka jalur rempah menuju New York.


Tujuan utama dari program ISUTW ini adalah mendorong kuliner Indonesia hadir di mancanegara dan memberi nilai tambah bagi perekonomian Indonesia.

Kunjungan Sandiaga ke New York sendiri adalah untuk menghadiri undangan Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA). Dia mendapat undangan dari Ketua Majelis Sidang Umum PBB Abdulla Shahid, dalam acara High-Level Thematic Debate.

Sandiaga menyampaikan bahwa dirinya akan terus mendorong pengembangan investasi pariwisata berkelanjutan yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat luas. Salah satu realisasinya, kata Sandiaga, adalah membahas terkait Community-based tourism yang terimplementasi dalam program pengembangan desa wisata.

Hal ini tentu sesuai dengan rencana strategis UNWTO sebagai upaya pemulihan sektor pariwisata dunia yang lebih berkualitas dan berkeadilan untuk kesejahteraan masyarakat.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Amelia