DAERAH

24 Rumah di Kao Utara Rusak Diterjang Puting Beliung, Babinsa Bantu Evakuasi Hingga Bersih-bersih Puing

Kondisi rumah warga di Kao Utara pasca dihantam puting beliung pada Kamis (5/5/2022) (Pendam XVI/Pattimura)
Kondisi rumah warga di Kao Utara pasca dihantam puting beliung pada Kamis (5/5/2022) (Pendam XVI/Pattimura)


JAKARTA - Personel Babinsa Koramil 1508-03/ Kao, Kodim 1508/Tobelo bergerak cepat membantu warga Desa Gamlaha, Kecamatan Kao Utara yang terdampak bencana angin puting beliung pada Kamis (5/5/2022) sore. 

Dengan menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, para babinsa tersebut melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Di samping itu pula mendata kerusakan rumah warga. 

Danramil 1508-03/Kao, Kapten Inf Abd. Muchsin dikutip dari siaran pers Puspen TNI yang diterima di Jakarta, mengatakan bahwa siap siaga ini merupakan langkah cepat tanggap TNI AD, dengan mengusung Semangat Mutiara Pattimura.

"Akhir-akhir ini memang cuaca kurang bersahabat, hingga hari ini terjadi bencana puting beliung. Setelah menerima laporan ada bencana puting beliung, langsung kami mengerahkan personel untuk evakuasi sementara dan pengambilan data di lokasi kejadian. Ada sejumlah rumah warga yang rusak dan warga yang luka-luka," jelasnya. 

Dari data yang dihimpun, bebernya, akibat bencana angin puting beliung secara keseluruhan terdapat 24 rumah yang mengalami kerusakan. Rinciannya 15 rumah rusak berat, lima rumah rusak sedang dan empat rumah rusak ringan. Sedangkan warga yang mengalami luka ringan sebanyak tiga orang. 


Setelah menerima laporan tersebut, Danrem 152/Baabullah, Brigjen TNI Novy Rubadi Sugito langsung memerintahkan Dandim 1508/ Tobelo, Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra untuk segera mengambil langkah-langkah awal penanganan bencana alam. 

Dandim menjelaskan hingga saat ini proses evakuasi masih berlangsung dengan jumlah KK yang terdampak sebanyak 30 KK.

Sementara ini mereka ditampung di rumah warga terdekat yang lebih aman. 

"Hari ini kami masih terus melakukan evakuasi sementara ke tempat yang lebih aman, agar para korban cepat mendapatkan penanganan dan bantuan, baik itu tempat tinggal sementara maupun pengobatan bagi warga yang luka-luka, sehingga semuanya bisa  tertangani dengan baik," terang Dandim. 

Di tempat terpisah, Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo menambahkan proses evakuasi dan penanganan bencana puting beliung ini akan dilakukan hingga tuntas, serta menggandeng instansi terkait lainnya dalam proses pelaksanaannya. 

"Tidak hanya membersihkan puing- puing saja, namun kita juga memperhatikan kondisi warga. Dandim juga akan mengerahkan personel siaga Kodim 1508/Tobelo dan Pos Satgas Kodim Yonif RK 732/Banau terdekat, yang besok akan dikerahkan  untuk membantu  memperbaiki rumah warga yang rusak," tuturnya. 

Editor: Widya Victoria