WARNA-WARNI

Selamat Tinggal, iPod! Apple Setop Produksi Setelah 21 Tahun

Sejumlah model iPod. (Net)
Sejumlah model iPod. (Net)


JAKARTA - Raksasa teknologi Apple mengumumkan akan menghentikan perangkat pemutar musiknya, iPod Touch. Langkah ini mengakhiri era perangkat yang pernah dipuji secara luas karena merevolusi cara orang mendengarkan musik.

Pihak Apple sendiri mengatakan, iPod Touch yang masih ada di pasaran akan tetap bisa dibeli selama persediaan masih ada. Namun Apple tidak akan memproduksi kembali perangkat itu.

"(iPod Touch) mendefinisikan ulang bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan," kata wakil presiden senior pemasaran Apple Greg Joswiak, sebagaimana dimuat BBC pada Rabu (11/5/2022).

Jika memengok kembali  ke belakang, model pertama iPod diluncurkan oleh bos Apple Steve Jobs dengan gaya khasnya, mengenakan celana jins dan turtleneck hitam, pada tahun 2001. Peluncuran itu disambut dengan keriuhan dan antusiasme masyarakat.

"Musik adalah bagian dari kehidupan setiap orang. Musik sudah ada selamanya. Itu akan selalu ada," kata Steve Jobs selama presentasinya yang berlangsung selama satu jam kala itu.


Judul utama presentasinya pada peluncuran iPod kala itu sederhana namun menarik perhatian, yaitu "1.000 lagu di saku Anda".

Saat pertama diluncurkan, iPod dapat menyimpan 1.000 lagu. Namun saat ini, ada lebih dari 90 juta lagu di layanan streaming Apple yang bisa didengarkan dari perangkat Apple lainnya.

Ada berbagai model iPod selama bertahun-tahun era kejayaannya, termasuk Nano dan Shuffle. Tetapi iPod Touch, yang dirilis pada tahun 2007 adalah model terakhir yang dihentikan.

Begitu tenarnya iPod, bahkan BMW pernah  memperkenalkan sistem hiburan mobil pertama dengan sistem iPod built-in, dan dalam beberapa tahun, sebagian besar produsen mobil mengikutinya.

iPod Touch, atau iPod teranyar dengan model layar sentuh, merupakan perangkat yang dirancang oleh tim yang sama yang kemudian menemukan iPhone. Namun kemudian kepopuleran iPod Touch perlahan tergerus dengan hadirnya iPhone. 

Apple bahkan terakhir memperbarui iPod pada 2019.

Kematian iPod agaknya bukan hal yang mengejutkan. Sejumlah analis teknologi mengatakan bahwa iPhone suatu hari nanti akan menggantikan iPod.

"Ketika Apple menciptakan iPhone, ia tahu bahwa itu pada akhirnya akan berarti awal dari akhir iPod," kata Ben Wood, kepala analis di perusahaan penasihat teknologi CCS Insight, kepada BBC.

Carolina Milanesi dari Creative Strategies mengatakan penurunan penjualan iPod terkait dengan kenaikan penjualan iPhone, seperti perpindahan dari penjualan digital ke streaming.

"Kematian iPod mungkin merupakan contoh terbaik dari Apple yang tidak peduli dengan kanibalisasi produknya sendiri," jelasnya.

Editor: Amelia