DAERAH

Sumsel Siagakan Fasilitas Kesehatan Antisipasi Hepatitis Akut

Ilustrasi pos kesehatan. (Dok. Kemenkes)
Ilustrasi pos kesehatan. (Dok. Kemenkes)


PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menyiagakan seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, dalam rangka mengantisipasi penularan penyakit hepatitis akut pada anak-anak, yang marak terjadi belakangan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy mengatakan kesiapsiagaan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut dilakukan sebagaimana instruksi Kementerian Kesehatan melalui surat edaran yang diterima beberapa hari lalu.

Surat edaran Kementerian Kesehatan itu sudah disosialisasikan ke seluruh pemerintah daerah di 17 kabupaten/kota di Sumsel sehingga juga harus menjadi perhatian bersama.

"Fasilitas pelayanan kesehatan baik rumah sakit, puskesmas, laboratorium kesehatan, kantor kesehatan pelabuhan semua harus melakukan pemantauan dan melaporkan jika ada yang terindikasi penyakit tersebut," kata dia di Palembang, Sumsel, Rabu (11/5/2022).

Hingga saat ini, katanya, belum terkonfirmasi kasus hepatitis akut di Sumsel.


Dijelaskan, semua tenaga kesehatan wajib menyosialisasikan gejala penyakit yang secara medis merupakan kondisi peradangan pada lever tersebut kepada masyarakat sebagai bagian upaya pencegahan.

Gejala penyakit tersebut pada umumnya, seperti mual, muntah, diare berat, demam ringan, air kencing berwarna pekat seperti teh dan buang air besar (BAB) berwarna putih pucat.

Selain itu, warna mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kejang, hingga menurunnya kesadaran.

"Jangan menunggu gejala lanjutan seperti kulit dan mata kuning, jika terjadi penurunan kesadaran segera bawa pasien ke rumah sakit dan fasilitas ICU anak," kata dia.

Dia mengimbau masyarakat tidak boleh panik namun harus tetap optimistis penyakit tersebut bisa dicegah, yakni dengan mengutamakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Jaga kebersihan lingkungan, jangan tukar menukar alat makan, dan makan makanan yang pasti kebersihannya. Rutin cuci tangan dengan sabun, pastikan makanan yang akan dikonsumsi dalam keadaan matang dan bersih," katanya.


Video Terkait:
Gubernur Sumsel Umumkan Nama Anak Percha Leanpuri
Editor: Saeful Anwar