POLHUKAM

Galang Dukungan di Jatim, Prabowo Kantongi Restu Megawati?

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Net)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Net)


JAKARTA – Safari yang dilakukan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto ke Jawa Timur (Jatim) menandakan bahwa Megawati sudah memberikan restu kepada mantan danjen kopasus itu.

Begitu pandangan pengamat politik dari Indonesia Public Institute, Karyono Wibowo saat dihubungi Info Indonesia, pada Rabu (11/5/2022).

“Terkait safari politik Prabowo ke Jawa Timur dan daerah lain tidak bisa diartikan secara linear bahwa Prabowo mendapat restu dari Megawati,” kaya Karyono.

Kendati begitu, Karyono menilai, Prabowo memiliki hak mengunjungi wilayah untuk silahturahmi dengan para ulama maupun warga yang lain tanpa restu Megawati.

Disampaikan Karyono, safari Prabowo ke Jawa Timur dan wilayah lain memberikan sinyal bahwa Prabowo mulai konsolidasi menggalang dukungan untuk pemilu 2024 mendatang.


“Kepentingan (untuk menggalang dukungan) tersebut sulit ditepis. Mengingat posisi Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra dan salah satu kandidat presiden yang namanya sering muncul di survei,” ujar Karyono.

Selain itu, melihat dari kemesraan antara Prabowo dengan Megawati juga mengindikasi bahwa Gerindra dan PDIP akan menjadi satu gerbong di pilpres mendatang.

“Peluang koalisi PDIP - Gerindra memang masih terbuka lebar meski belum mengerucut,” ucap Karyono.

Terkait figur pasangan capres yang akan diusung, kata dia, juga masih belum jelas. Pasalnya, peta politik kedua partai itu masih sangat dinamis dan waktu masih cukup panjang. Hal itu akan memungkinkan terjadinya perubahan peta politik dan kandidasi di pilpres. Dalam kondisi saat ini, semua kekuatan politik masih berhitung.

“Berbagai manuver politik perlu dibaca sebagai cek ombak,” pungkas Karyono.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Amelia