DAERAH

Kaltim Jadi Pencetus Ekspor Lidi Sawit dan Lidi Nipah, Hadi Mulyadi: 34 UMKM Ikut Andil

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, memberi petuah dalam acara Pengajian Rutin Bulanan dan Silaturahmi Dinas PPKUKM, di Samarinda Ulu Kamis (12/5/2022). (Kominfo Kaltim)
Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, memberi petuah dalam acara Pengajian Rutin Bulanan dan Silaturahmi Dinas PPKUKM, di Samarinda Ulu Kamis (12/5/2022). (Kominfo Kaltim)


SAMARINDA - Suasana Idulfitri 1443 Hijriah kian melekat saat jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar halal bihalal sekaligus pengajian rutin dan silaturahmi.  

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, turut hadir dan memberi wejangan kepada seluruh pegawai Dinas PPKUKM di Aula Pertemuan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kaltim, Jalan MT Haryono, Samarinda Ulu, Kamis (12/5/2022) pagi. 

"Sekaligus saya melihat gedung yang baru. Mudah-mudahan gedung baru ini menjadi semangat baru dalam bekerja," ujar Hadi kepada pewarta. 

Kemudian ia berharap, bukan sekedar gedungnya saja yang baru, tetapi semangatnya pula harus baru. Hadi menyampaikan, kegiatan ini tidak hanya silaturahmi semata tetapi sekaligus mengevaluasi capaian yang telah didapat Dinas PPKUKM. 

"Alhamdulillah, ternyata secara umum luar biasa. Kita dicatat pada tahun 2021 Provinsi Kaltim ekspor terbesar ke dua setelah jawa barat," tuturnya. 


"Bukan hanya itu, lebih dari 34 UMKM yang ikut terlibat ekspor tahun 2021," sambung Hadi. 

Hadi pun dapat tersenyum lebar. Pasalnya, Kaltim tercatat sebagai satu-satunya daerah pengekspor lidi sawit dan lidi nipah di Indonesia. 

"Sudah diekspor ke beberapa Negara seperti Finlandia, Bangladesh dan Pakistan," katanya. 

Mantan anggota DPRD Provinsi Kaltim itu menyampaikan, pada hari ini timnya sedang menghadap ke Menteri Keuangan, Sri Mulyani, untuk mempresentasi lebih jauh proses dan progres ekspor lidi sawit dan lidi nipah. 

"Bertujuan untuk diduplikasi daerah lain. Karena provinsi penghasil sawit di Indonesia ada 17 selain Kaltim, dan ini perlu diduplikasi," pungkas Hadi.

(Nyn/ADV/KominfoKaltim)


Video Terkait:
DPRD Kaltim Dorong Pembangunan RS Darurat
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo