POLHUKAM

Kerap Buat Pernyataan Kontroversial, Cak Imin Butuh Sorotan Media?

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Net)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. (Net)


JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin kerap menjadi sorotan publik berkat komentarnya yang mengundang perdebatan beberapa waktu belakangan. Salah satunya adalah usulannya soal calon tunggal di pemilu presiden 2024 mendatang. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai, pernyataan Cak Imin yang kontroversial semacam itu memang diciptakan agar mendapatkan publikasi pemberitaan di media.

“Di Indonesia, jika tidak kontroversial maka sulit tuk bisa cepat mendapatkan pemberitaan yang masif,” kata Ujang, saat dihubungi Info Indonesia, Kamis (12/5/2022).

Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar itu menilai, pernyataan kontroversial semacam itu merupakan hal yang biasa dilakukan elit politik. 

“Yang dilakukan Cak Imin bisa saja sedang melakukan manajemen konflik. Sengaja isi kontroversi diciptakan, namun masih tetap bisa dikelola,” jelasnya.


Ujang mengatakan, pernyataan kontorvesial yang dilontarkan Cak Imin itu tidak akan berpengaruh terhadap elektoralnya. Menurut Ujang, pria kelahiran Jombang itu memiliki peluang tersendiri sebagai capres maupun cawapres,  karena Cak Imin merupakan Ketua Umum Partai. 

“Namun apakah bisa menjadi capres atau tidak itu tergantung pada dirinya sendiri. Artinya bagaimana dirinya agar bisa diterima oleh publik,” tuturnya.

Ujang mengingatkan, agar Cak Imin berhati-hati dalam mengelola isu politik yang berkembang saat ini. Jika tidak berhati-hati, Cak Imin dan PKB akan ditinggalkan rakyat Indonesia. Kata Ujang, rakyat Indonesia, sudah sangat pintar dalam memilih calon pemimpin di masa depan.

“Kita lihat aja (nasib Cak Imin) ke depan, bisa lolos (atau tidak) sebagai capres dan cawapres, bisa juga sirna,” pungkasnya.

Editor: Amelia