POLHUKAM

Besok, KPK Periksa Boyamin Untuk Kasus TPPU Bupati Banjarnegara

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman. (Net)
Koordinator MAKI, Boyamin Saiman. (Net)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi telah menjadwalkan kembali pemeriksaan terhadap Koordinator Masyarakat Anti-korupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman.

KPK bakal memeriksa Boyamin pada hari, Selasa (17/5/2022) besok. Boyamin bakal diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Direktur PT Bumi Rejo, terkait kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono.

"Benar, (pemeriksaan) Selasa, bertempat di gedung Merah Putih, tim penyidik KPK menjadwalkan pemanggilan Bonyamin Saiman sebagai saksi dalam perkara dugaan TPPU," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangan kepada wartawan, Senin (16/5/2022).

KPK meyakini mantan kuasa hukum eks Ketua KPK Antasari Azhar itu akan hadir memenuhi panggilan, dan bersikap kooperatif. Boyamin diingatkan untuk tidak berbelit-belit dalam memberikan keterangan kepada penyidik.

Boyamin yang juga seorang pengacara itu diminta tidak menutup-nutupi fakta yang sesungguhnya mengenai kasus yang sedang ditangani KPK.


Terkait jadwal pemeriksaan yang sudah diagendakan KPK, Boyamin mengaku belum menerima fisik surat panggilan lembaga antikorupsi itu. Akan tetapi, dia memastikan akan hadir memenuhi undangan KPK besok.

"Hingga saat ini belum terima fisik surat panggilan. Bagiku surat tidak penting karena sudah tahu jadwalnya, jadi ya tetap datang," ujar Boyamin kepada wartawan, hari ini.

Boyamin mengatakan dia juga sudah membeli tiket untuk menghadiri panggilan besok. Dia menyatakan siap untuk memberi keterangan.

Editor: Saeful Anwar