OLAHRAGA

Sponsor Formula E, Sahroni: Sudah Banyak

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)


JAKARTA - Jelang penyelenggaraan Formula E Jakarta pada tanggal 4 Juni 2022, banyak pihak mempertanyakan soal sponsor dalam ajang balap mobil listrik itu.

Salah satunya, Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra. Dia mempertanyakan data sponsor yang tak kunjung dirilis.

Menanggapi itu, Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni menegaskan jika sponsor untuk Formula E sudah banyak. Sahroni menjelaskan, kewenangan untuk merilis nama-nama sponsor mesti mengikuti kebijakan Formula E Operation (FEO). Sebab, sponsor Formula E tidak hanya berasal dari perusahaan lokal, tapi juga global.

"(Sponsor) sudah banyak. Tunggu saja," kata Ahmad Sahroni kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Bendahara Umum (Bendum) DPP Partai Nasdem itu memastikan daftar seluruh sponsor bakal diumumkan pekan depan. Dia meminta supaya publik bersabar.


"Semua sponsor baik lokal maupun global akan dirilis paling lama minggu depan," ujar pria yang dijuluki crazy rich Tanjung Priok itu.

Anggara Wicitra sebelumnya meragukan sponsor Formula E. Itu, disebabkan panitia tak kunjung membuka jumlah sponsor, padahal balapan tinggal belasan hari lagi.

"Sangat tidak logis jika sponsor sampai saat ini logonya belum dipampang. Di mana-mana sponsor itu ditukar dengan exposure dan promosi, logo pemberi sponsor dipasang di mana-mana. Kalau tinggal kurang dari tiga minggu belum ada logo sponsor, sangat mungkin sponsornya gaib atau tidak nyata," kata Anggara, dalam keterangannya, Selasa (17/5/2022) kemarin.

Dia mengaku memahami panitia penyelenggara Formula E kesulitan mencari sponsor. Mengingat, Formula E merupakan acara yang penuh ketidakjelasan.

Kami, kata dia, tidak terkejut jika sponsor sulit didapatkan karena sponsor biasanya akan menginvestasikan uangnya ke acara yang jelas seluk beluknya dan memberi keuntungan kembali.

Sedangkan Formula E, kata dia, banyak ketidakjelasan, mulai dari revisi studi kelayakan, jumlah penonton berubah-ubah, sampai mundurnya jadwal penjualan tiket.

"Sponsor pasti berhitung, layak atau tidak investasi di sini," ujarnya.

Sedangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria masih bungkam soal sponsor ajang balap mobil listrik Formula E. 
Saat ditanya, Riza tak mau memberikan jawaban. Dia meminta pertanyaan ini disampaikan langsung kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara.

"Silakan tanya di Jakpro. Jadi saya enggak update. Silakan dicek ke Jakpro saja," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (18/5/2022).

Riza mengaku tidak bisa menjawab semua pertanyaan soal masalah Formula E apalagi yang berkaitan dengan sponsor. "Jadi hal-hal itu jangan semua urusan Wagub, masa Wagub ngurusin yang begituan. Silakan tanya sama Jakpro, urusan Formula E tanyakan ke Jakpro," kata politikus Partai Gerindra itu.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Saeful Anwar