POLHUKAM

Terlalu Sibuk Menaikkan Popularitas, Kandidat Capres 2024 Tidak Pernah Bahas Masalah Publik

Diskusi daring Info Indonesia bersama dengan Ray Rangkuti. (Tangkapan Layar/Instagram Info Indonesia)
Diskusi daring Info Indonesia bersama dengan Ray Rangkuti. (Tangkapan Layar/Instagram Info Indonesia)


JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merupakan sederet nama tokoh yang berpotensi menjadi kandidat kuat calon presiden di 2024. 

"Kalau kita lihat dari sini, nama-nama itulah yang sekarang muncul sebagai kandidat-kandidat yang digadang-gadang sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti dalam diskusi mingguan #NGOBROLIN (Ngobrol Bareng Info Indonesia) bertajuk "Membaca 2024" yang digelar melalui Instagram Live di Instagram @info_indonesia.id, Rabu (18/5/2022).

Ray mengatakan, menjadi calon pemimpin tidak bisa hanya bermodalkan hasil survei. Tetapi, juga harus memiliki program dan visi-misi yang kuat untuk membawa Indonesia semakin maju. 

"Kita harus melihat soal apa saja yang dibawa oleh tokoh-tokoh ini ke publik, sehingga mereka meraih simpati yang begitu besar," jelasnya.

Sampai saat ini, kata Ray, para calon itu tidak pernah menunjukkan program-program, jika kelak menjadi pemimpin Indonesia kedepannya.


"Kalau kita lihat secara umum ya kita belum mendapatkan gambaran yang jelas sebetulnya dari apa yang akan mereka lakukan kalau terpilih sebagai calon presiden dan calon wakil presiden," katanya.

"Belum terbayang oleh kita sebetulnya seperti apa nasib Indonesia kalau mereka memimpin tahun 2024 nanti yang akan datang," sambungnya.

Ray menambahkan, tokoh-tokoh ini nampaknya hanya fokus untuk meningkatkan popularitas di mata publik saja. Belum ada tokoh yang membuat pernyataan atau menyampaikan visi-misinya jika terpilih di 2024.

"Tokoh-tokoh ini memang meraih popularitas tidak disebabkan isi kepalanya. Tapi lebih banyak karena tindak-tanduk mereka, langkah-langkah mereka meraup suara dari para pendukungnya," pungkasnya.


Video Terkait:
PPP Harus Mampu Adptasi di 2024
Editor: Amelia