POLHUKAM

UAS Ditolak Masuk, Akun Media Sosial Pejabat dan Instansi Singapura Kebanjiran Spam

Salah satu bentuk Spam Komentar di akun Instagram Presiden Singapura Halimah Yacob. (CNA)
Salah satu bentuk Spam Komentar di akun Instagram Presiden Singapura Halimah Yacob. (CNA)


JAKARTA - Sikap Singapura yang menolak masuk pendakwah Indonesia Ustaz Abdul Somad (UAS) pada awal pekan ini menjadi buah bibir yang hangat di ranah media sosial. 

Bahkan sejak kabar UAS ditolak masuk ke Singapura merebak, akun media sosial sejumlah tokoh politik bahkan instansi pemerintahan Singapura kebanjiran komentar spam dari para pendukung UAS. 

Menurut keterangan juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (MCI), bahkan ada seruan untuk serangan siber terhadap akun media sosial Pemerintah Singapura di grup obrolan publik Indonesia.

Mengutip dari Channel News Asia, Kamis (19/5/2022), akun Instagram Presiden Halimah Yacob, Perdana Menteri Lee Hsien Loong, Menteri Senior Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan termasuk di antara pejabat top Singapura yang kebanjiran komentar semacam itu. 

Selain itu, akun Instagram dari Immigration and Checkpoints Authority dan Singapore Tourism Board juga menjadi sasaran. 


“Organisasi disarankan untuk mengambil langkah aktif untuk memperkuat postur keamanan siber mereka, meningkatkan kewaspadaan, dan memperkuat pertahanan online mereka untuk melindungi organisasi mereka dari kemungkinan serangan siber, seperti perusakan web dan penolakan layanan terdistribusi,” tambah juru bicara itu.


Video Terkait:
Sumur Minyak Ilegal Meledak
Editor: Amelia