POLHUKAM

Cak Imin Hadapi Tekanan Kuat, Ada Nama Menteri yang Mengancam

Muhaimin Iskandar. (Net)
Muhaimin Iskandar. (Net)


JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sedang menghadapi tekanan dari internal maupun eksternal partai yang cukup kuat. Posisi dia sebagai ketua umum jadi taruhannya.

Pengamat Politik dari Citra Institute Efriza mengatakan, saat ini sedang ada perdebatan antara elit PKB dengan Nahdlatul Ulama (NU).

"Situasi PKB saat ini adalah Muhaimin sedang berhadap-hadapan dengan PBNU. Jadi bisa dikatakan Muhaimin ini akan digoyang dari kalangan elit, atau lingkup internal," kata Efriza saat diwawancara Info Indonesia, Kamis pagi (19/5/2022).

Dikatakan Efriza, perdebatan itu muncul imbas dari keputusan pasca-Muktamar NU. Muhaimin mendukung Said Aqil, namun hasil Muktamar itu memutuskan Yahya Cholil Staquf yang menjadi Ketum PBNU.

"Inilah efeknya yang membuat Muhaimin itu meradang," imbuhnya.


Bahkan, di NU sendiri banyak menarik elit dari luar untuk bergabung dengan organisasi yang dipimpin oleh Gus Yahya itu. Contohnya adalah Menteri BUMN, Erick Thohir, yang bergabung dengan GP Ansor.

Hal ini yang membuat Muhaimin resah. Dia takut posisinya sebagai ketua umum akan diambil alih oleh orang-orang yang berasal dari eksternal partainya.

"Kalau bisa dibilang, tokohnya adalah yang diimpor dari luar masuk ke dalam. Bisa Lukman Eddy, bisa Khofifah (Gubernur Jawa Timur), bisa Gus Yaqut (Menteri Agama) yang dimana ditonjolkan untuk bertentangan dengan PKB. Terus yang baru disematkan baju di NU, (Menteri BUMN) Erick Thohir," pungkasnya.

Editor: Amelia