EKONOMI

BNI Resmi Akuisisi Bank Mayora

(Dok. BNI)
(Dok. BNI)


JAKARTA - BNI atau PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk resmi mengambil alih kepemilikan PT Bank Mayora.

Merujuk pada pernyataan bank BUMN itu kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam keterbukaan informasi melalui Surat Nomor KMP/7/2158 tertanggal 19 Mei 2022, akuisisi terjadi pada hari, Rabu (18/5/2022).

"Perseroan telah menyelesaikan pengambilalihan atas PT Bank Mayora," kata Corporate Secretary Bank berlogo 46 itu, Mucharom dalam keterbukaan informasi BEI, yang dikutip redaksi, Jumat (20/5/2022).

Masih dalam keterbukaan informasi BEI, kepemilikan modal Bank Mayora sebelum transaksi adalah 80 persen. PT Mayora Inti Utama dan IFC sebesar 20 persen. Pasca pengambilalihan oleh BNI menjadikan bank BUMN ini menguasai saham sebesar 63,92 persen dan PT Mayora Inti Utama menjadi sebesar 36,08 persen.

BNI sendiri telah dinyatakan memenuhi persyaratan menjadi pemegang saham pengendali Bank Mayora. Itu berdasarkan Salinan Keputusan Dewan Komisioner OJK No KEP-66/D.03/2022 tanggal 28 April 2022 tentang Hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan BNI sebagai Calon Pemegang Saham Pengendali dan Negara Republik Indonesia sebagai calon Ultimate Pemegang Saham Bank Mayora.


BNI menyatakan pengambilalihan Bank Mayora ini akan memberikan dampak positif terhadap kinerja BNI, dan mendukung transformasi perusahaan menjadi penyedia solusi keuangan terintegrasi berbasis digital.


Video Terkait:
Transaksi Digital Meningkat, 96 Kantor Cabang Ditutup
Editor: Saeful Anwar