POLHUKAM

Tidak Ada Kudeta di PKB

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Net)
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. (Net)


JAKARTA - Kabar adanya upaya untuk mengkudeta Muhaimin Iskandar dari kursi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), tidaklah benar.

Ketua DPP PKB Daniel Johan menegaskan tidak ada soal upaya mengkudeta Muhaimin Iskandar dari posisi Ketum. Dirinya juga menegaskan tidak ada gejolak di internal PKB.

"Tidak ada," kata Daniel Johan kepada Info Indonesia, Jumat (20/5/2022).

Kalau pun ada rumor soal perebutan Ketua Umum PKB, dia menduga itu sengaja dihembuskan karena iri dengan hasil survei elektabilitas PKB baru-baru ini, yang menempati posisi ketiga.

"Mungkin," kata politikus dari Dapil Kalimantan Barat I itu.


Senada, Ketua DPW PKB Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Hadrian Irfani menepis rumor atau desas-desus yang beredar bahwa ada upaya mengudeta Cak Imin.

Lalu menegaskan bahwa seluruh kader PKB di seluruh Indonesia, termasuk di NTB, tetap solid dan satu komando dalam barisan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Muhaimin Iskandar.

"Saya tegaskan itu semuanya hoaks. Yang jelas kami 34 provinsi di Indonesia dan seluruh DPC se-Indonesia solid untuk tetap satu komando kepada Ketum PKB Muhaimin Iskandar," ujarnya.

"Jadi, biasa mereka iri melihat survei PKB di lembaga survei ada di peringkat tiga. Dan sekarang ada orang yang terganggu dengan kondisi ini sehingga sengaja mengembuskan," kata Lalu.

Disinggung siapa di balik rumor tersebut apakah dari internal PKB atau eksternal, Ketua Komisi V DPRD NTB ini mengungkapkan DPP PKB sudah mengetahui siapa pihak-pihak di balik rumor tersebut.

"Dari hasil penelusuran sudah terdeteksi siapa yang bergerak. Dan itu hanya sebuah gerakan."

Beredar kabar yang menyebutkan ada sosok di PKB yang mencoba membajak partai tanpa 'perahu'. Pembajakan itu disebut karena ada yang mau mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2024.

Cak Imin dikabarkan menjadi target kudeta. Sosok yang ingin melakukan kudeta itu belum jelas sampai sekarang.

Sebelum, elektabilitas Partai PKB mengalami peningkatan. PKB berada di posisi ketiga atau di bawah PDIP dan Gerindra. Itu sebagai hasil survei Indometer, yang disampaikan Direktur Eksekutif, Leonard SB dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, di Jakarta, Minggu (15/5/2022).

Temuan survei Indometer, PDIP memperoleh elektabilitas 18,4 persen dan Gerindra 12,2 persen. Untuk posisi ketiga diduduki oleh PKB dengan elektabilitas 8,1 persen, disusul Demokrat 5,8 persen.

Editor: Saeful Anwar