WARNA-WARNI

Meski Boleh Buka Masker di Ruang Terbuka, Kebersihan Mutlak Dijaga

Sejumlah warga menggunakan masker di tempat umum. (Net)
Sejumlah warga menggunakan masker di tempat umum. (Net)


JAKARTA - Pelonggaran aturan yang diberlakukan oleh pemerintah terkait dengan penggunaan masker di ruang terbuka harus tetap dilakukan bersamaan dengan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. 

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Pertaonan Daulay mengatakan, kesehatan umum yang perlu diperhatikan adalah budaya mencuci tangan. Menurutnya, mencuci tangan harus sering dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

"Karena tangan kita adalah satu organ tubuh yang sering dipakai. Sering pegang mulut, pegang hidung, telinga dan seterusnya. Dan ini sangat rentan untuk mencemari dan juga menyebabkan virus ke tubuh kita. Oleh karena itu, ini tetap dipakai," terang Saleh yang dikutip Info Indonesia dari YouTube DPR RI, Sabtu (21/5/2022).

Dia juga mengimbau masyarakat agar menghindari kerumunan. Pasalnya, Saleh menilai bahwa kerumunan sangat potensial dalam penyebaran virus. Apalagi, saat penyakit hepatitis akut sedang menghantui.

"Terutama sekarang kita sedang juga mewanti-wanti penyebaran virus dikenal dengan nama hepatitis akut yang sampai sekrang juga belum ada penjelasan resminya terkait penangananya," jelasnya.


Lebih kabjut dia meminta masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat demi meningkatkan imunitas masyarakat dan bisa meminimalisir terinfeksi virus.

"Kenapa ini menjadi penting, karena ditengah situasi yang masih belum bisa ditetapkan sebagai endemi sepertinya. Ini tentu masing-masing individu masyarakat kita harus betul-betul kuat secara individual," pungkasnya.


Video Terkait:
Viral, Ustadz Larang Jamaah Pakai Masker di Masjid
Editor: Amelia