POLHUKAM

Pengibaran Bendera LGBT Bikin Gaduh, Kemlu Perlu Segera Panggil Dubes Inggris

Pengibaran bendera LGBT di Kedubes Inggris di Indonesia. (Tangkapan Layar/Instagram @ukinindonesia)
Pengibaran bendera LGBT di Kedubes Inggris di Indonesia. (Tangkapan Layar/Instagram @ukinindonesia)


JAKARTA - Aksi pengibaran bendera LGBT di Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Jakarta perlu ditanggapi dengan lebih responsif. Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) sebaiknya segera memanggil Dubes Inggris untuk Indonesia.

"Tidak cukup Kedubes Inggris sekedar menurunkan bendera LGBT mengingat telah dimunculkan oleh media dan mengundang berbagai komentar negatif atas pengibaran bendera tersebut," kata Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana dalam keterangan tertulisnya kepada Info Indonesia, Sabtu (21/5/2022).

Dia menilai, pemanggilan oleh Kemlu bertujuan untuk meredam kegaduhan akibat pengibaran bendera tersebut.

"Pemanggilan oleh Kemlu perlu dilakukan dalam waktu yang sangat segera meski dalam suasana libur mengingat kegaduhan telah dimulai," jelasnya.

"Pemanggilan ini sebagai jawaban kepada publik Indonesia bahwa pemerintah tidak melakukan pembiaran terhadap Kedubes asing yang tidak menghormati nilai-nilai yang berlaku di Indonesia," sambung Hikmahanto. 


Lebih lanjut dia menekankan bahwa sudah sewajarnya pemerintah Indonesia bertindak responsif atas tidak sensitifnya Kedubes Inggris mengibarkan bendera LGBT di Kedutaannya dan memperingatkan agar menghormati norma sosial yang berlaku di Indonesia.

"Bila telah dipanggil, Kemlu perlu menyampaikan kepada publik melalui media massa. Dengan demikian kegaduhan tidak akan berlanjut," tutup Hikmahanto yang juga Rektor Universitas Jenderal A Yani itu.


Video Terkait:
Menhub AS Pete Buttigieg, Menteri Gay di Kabinet Biden
Editor: Amelia