WARNA-WARNI

Israel Tingkatkan Kewaspadaan Munculnya Cacar Monyet

Ilustrasi Cacar. (Net)
Ilustrasi Cacar. (Net)


JAKARTA - Israel melaporkan kasus cacar monyet perdana di negara itu, pada hari Sabtu (21/5/2022) waktu setempat.

Dengan ditemukannya kasus ini, pemerintah langsung meningkatkan kewaspadaan instansi kesehatan Israel.

Dilansir Reuters, Minggu (22/5/2022), kasus pertama cacar monyet ditemukan pada seorang pria berusia sekitar 30 tahun, yang telah kembali dari perjalanan di Eropa barat.

Menurut Tel Aviv Sourasky Medical Center, pria itu pun dikarantina dan dalam kondisi ringan.

Menurut Menteri Kesehatan Israel, Nitzan Horowitz, beberapa ratus vaksin dapat dibeli, untuk mencegah infeksi lebih lanjut, terutama untuk staf medis yang merawat pasien potensial.


"Ini bukan pandemi, tidak seperti virus corona," katanya.

Dia tidak memberikan rincian soal vaksin yang diberikan pada pria tersebut. Tetapi, vaksin cacar juga dapat melindungi dari cacar monyet.

Monkeypox, adalah penyakit menular yang disebut-sebut dalam kategori ringan, dan endemik di bagian barat dan tengah Afrika.

Virus ini menyebar melalui kontak dekat, yang berarti relatif mudah dikendalikan melalui tindakan seperti isolasi diri dan menjaga kebersihan.

Sekedar informasi, lebih dari 100 kasus yang dikonfirmasi atau dicurigai telah dilaporkan. Sebagian besar terjadi di Eropa.

Munculnya wabah ini juga telah mendapat perhatian dari WHO. Organisasi Kesehatan Dunia itu dilaporkan telah menggelar rapat darurat.

Editor: Saeful Anwar