POLHUKAM

PILPRES 2024

KIB Tak Tutup Kemungkinan Usung Cak Imin

Kunjungan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, di GOR Sukapura Dadaha, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (26/3/2022). (Dok. Antara)
Kunjungan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, di GOR Sukapura Dadaha, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (26/3/2022). (Dok. Antara)


JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sangat terbuka dengan partai politik lain yang ingin bergabung, asalkan memiliki visi dan misi yang sama.

"KIB ini dari sejak awal inklusif, sangat terbuka bagi partai lain yang ingin bergabung dalam koalisi ini. Kita ingin menyatukan gagasan dan platform terlebih dahulu," kata Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/5/2022).

Mengenai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang bakal bergabung dengan KIB, Ace mengatakan bahwa KIB sangat terbuka jika partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ingin bergabung.

"Jadi kalau Cak Imin mau gabung sangat terbuka," kata dia.

Sejak awal, kata dia, dibentuknya KIB untuk menyatukan gagasan perjuangan. KIB bakal memastikan dan mendukung penuh program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Ide awalnya KIB ini, kita ingin membangun kesepakatan tentang gagasan perjuangan untuk kemajuan bangsa. Kita juga ingin memastikan kesuksesan pemerintahan Jokowi hingga 2024 nanti," katanya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi menyarankan agar PKB bergabung ke dalam KIB jika Muhaimin mau diusung sebagai capres.

Hal itu disampaikan Achmad Baidowi menanggapi pernyataan Cak Imin yang menyatakan siap ikut gabung KIB, jika diusung menjadi calon presiden (capres).

"Tidak menutup kemungkinan Cak Imin bisa diusung sebagai capres dari koalisi ini asalkan bergabung dulu dan didiskusikan," kata Baidowi.

Sebelumnya, Cak Imin menyatakan siap bergabung dengan KIB yang digagas Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, syaratnya yang diusung sebagai capres adalah dirinya.

"Saya siap bergabung asal capresnya saya," kata Cak Imin di sela-sela acara Doa Bersama Ulama dan Habaib untuk Perdamaian Dunia: Halalbihalal bersama Gus Muhaimin di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022). 

Wakil Ketua DPR RI ini menyambut baik gagasan koalisi tersebut. Ia mengatakan PKB sangat terbuka untuk menjalin komunikasi dengan partai manapun dalam menyongsong Pemilu 2024.

"Kami terus menjalin komunikasi di DPR, tapi secara khusus belum. Kami terbuka," katanya.


Video Terkait:
Percuma Baliho Airlangga
Editor: Saeful Anwar