EKONOMI

Mendag Bertemu Wakil ITC Bahas Digitalisasi Perdagangan

Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi. (Dok. Kemendag)
Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Muhammad Lutfi. (Dok. Kemendag)


JAKARTA - Permintaan dari perwakilan International Trade Council (ITC) untuk bertemu Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi telah terpenuhi.

Pertemuan antara Mendag Lutfi dengan perwakilan ITC itu beragendakan mengenai liberalisasi perdagangan dan ekonomi digital Indonesia, yang notabene membukukan salah satu pertumbuhan tertinggi di dunia.

Mendag Lutfi mengatakan, struktur perekonomian digital Indonesia cukup solid, maju, dan berimbang, dalam hal peran swasta, pemerintah, dan investor, dalam mendorong pertumbuhan yang berkesinambungan.

"ITC bisa berperan dalam hal bantuan teknis kepada para wirausahawan digital kita, sambil juga belajar dari pengalaman Indonesia,” kata Mendag Lutfi dalam keterangan yang diterima wartawan, di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Pertemuan antara Mendag Lutfi dan Executive Director ITC Pamela Coke-Hamilton dilakukan di sela-sela berlangsungnya World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss.


Menurut Mendag Lutfi, Indonesia memiliki perekonomian digital dengan pertumbuhan, termasuk salah satu yang tercepat dan tertinggi di dunia. Dalam hal ini Indonesia bukan saja tidak terbelakang, melainkan adalah salah satu yang terdepan.

Pada masa depan, kata Mendag, ukuran sukses utama dari perekonomian digital diukur dari manfaatnya dalam mengangkat bukan mengkanibalisasi pasar dan perekonomian tradisional.

“Kita sampaikan kepada ITC, jangan sampai ketimpangan perekonomian dunia terulang kembali dalam versi perekonomian digital dunia. Sehingga harus dibedakan liberalisasi perekonomian digital dunia, dengan digitalisasi perekonomian dan perdagangan dunia supaya lebih berkesinambungan,” kata Mendag Lutfi.

Secara keseluruhan ITC sepakat dan menawarkan dukungan penuh dalam menyukseskan masa kepemimpinan atau Presidensi Indonesia di Forum G20.

Editor: Saeful Anwar