DAERAH

DPRD Kaltim Dorong Perbanyak BLK di Kota Penyangga, Kesiapan SDM Jelang Pembangunan IKN

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji. (NFL/ADV/KominfoKaltim)
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji. (NFL/ADV/KominfoKaltim)


SAMARINDA - Euforia masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim) menyambut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pasalnya harus diiringi dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

Pemenuhan dan peningkatan SDM itu bisa dilakukan dengan cara memperbanyak Balai Latihan Kerja (BLK) di wilayah kota penyangga.

Selain mendapatkan keterampilan dan sertifikasi, lulusan BLK juga akan mendapatkan kepastian penempatan. Bisa dikatakan bahwa BLK merupakan wadah yang memberikan bekal untuk dapat memasuki dunia kerja.

Oleh sebab itu, agar masyarakat nantinya tak hanya diam menjadi penonton, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim Seno Aji, saat ini terus mendorong agar BLK bisa terus diperbanyak di seluruh wilayah penyangga IKN Nusantara.

"Jadi saya sudah berdiskusi dengan Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan, kita menginginkan lebih banyak BLK di daerah penyangga IKN seperti di Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara," ungkap Seno, Kamis (26/5/2022).


Atas usulan itu, Seno sapaan karibnya menerangkan bahwa saat ini DPR RI sedang mendiskusikannya. Kemungkinan nantinya, akan bertambah sekitar kurang lebih 20 BLK di Benua Etam.

"Mudah-mudahan segera direalisasikan, kita berharap lulusan SMA bisa memiliki sertifikasi supaya bisa bekerja ke IKN. Semoga Komisi X sepakat merealisasikan BLK di tiga tempat itu," jelasnya.

Disinggung terkait jumlah Perguruan Tinggi perlu ditambah, dirinya menegaskan bahwa Perguruan Tinggi di Kaltim hanya perlu peningkatan kualitas. Itu artinya, tidak perlu menambah jumlah Perguruan Tinggi.

Menurutnya Politisi Gerindra ini, kualitas Perguruan Tinggi di Kota Samarinda dan Balikpapan masih belum bisa bersaing dengan Pulau Jawa. Sehingga, sudah sepatutnya untuk meningkatkan kualitas mengingat IKN semakin dekat.

"Setelah kualitas sudah meningkat, baru kita tambah Perguruan Tinggi di Kaltim. Percuma menambah Universitas sementara kualitasnya belum bisa bersaing. Jadi ini yang kita inginkan, perbaiki kualitas dulu baru kita tambah jumlahnya," tegasnya. (NFL/ADV/KominfoKaltim)


Video Terkait:
DPRD Kaltim Dorong Kukar Jadi Sentra Budidaya Jagung
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo