DAERAH

Anak Ridwan Kamil Belum Ditemukan

Emmeril Khan Mumtadz atau yang biasa disapa Eril, anak dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Net)
Emmeril Khan Mumtadz atau yang biasa disapa Eril, anak dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Net)


JAKARTA - Beredar kabar anak Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), yang dilaporkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, Kamis (26/5/2022) waktu setempat, telah ditemukan.

Sejumlah media online, juga para netizen memberitakan kabar soal ditemukannya Eril, yang sebelumnya dilaporkan hilang saat berenang di sungai tersebut.

"Info terbaru, menurut informasi dari kerabat kang Emil, (Bunda Inge Suprayogi) sudah ditemukan," demikian foto cuplikan layar pesan yang diunggah @bennyrhamdani_ di Twitter, Jumat (27/5/2022).

"Dapat broadcast dari WhatsApp, katanya Eril (panggilan Emmeril Khan Mumtadz) Ridwan Kamil sudah ditemukan," tulis @itsajrina.

Terkait kabar anak Ridwan Kamil sudah ditemukan dan selamat, pihak Kementerian Luar Negeri dan KBRI Bern belum bisa memastikannya.


Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha menyatakan, pihaknya hingga kini masih belum dapat mengonfirmasi kabar tersebut.

“Informasi tersebut belum dapat dikonfirmasi,” kata Judha Nugraha, Jumat (27/5/2022).

Pihaknya memastikan, proses pencarian anak Ridwan Kamil yang dilakukan dihentikan sementara karena sudah malam.

Namun, pencarian kembali dilakukan pagi ini waktu setempat.

Sementara itu, menurut ajudan Ridwan Kamil, Randy Kusumaatja, kabar soal Emmeril Khan Mumtadz ditemukan itu tidak benar. Sampai saat ini, kata Randy, belum ada kabar yang menyebut bahwa Eril sudah ditemukan.

"Belum ketemu," kata Randy kepada Tvonenews, saat dikonfirmasi via pesan WhatsApp.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan keterangan pihak keluarga, sebagaimana yang diterima Info Indonesia Jumat pagi, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2.

Saat kejadian, Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

Menurut keterangan yang sama, dijelaskan juga kronologi hilangnya Eril. Dia berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah. 

Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana.


Video Terkait:
Ridwan Kamil Ucapkan Terima Kasih
Editor: Saeful Anwar