DAERAH

Kutai Kartanegara Juara Umum MTQ Tingkat Kaltim Lima Kali Berturut-turut

Muhammad Hafi Elzahrazi didampingi Ayahhandanya Ari Ariansah. (NFL/ADV/KominfoKaltim)
Muhammad Hafi Elzahrazi didampingi Ayahhandanya Ari Ariansah. (NFL/ADV/KominfoKaltim)


SAMARINDA - Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menjadi juara umum di ajang perlombaan MTQ ke-43 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Ajang perlombaan bergengsi kali ini digelar di lapangan parkir Gor Segiri, Jalan Kesuma Bangsa, Kelurahan Bugis, Kota Samarinda pada Sabtu malam (28/5/2022). 

Bupati Kukar Edy Damansyah mengaku sangat bersyukur bahwa ikhtiar dan doa seluruh masyarakat Kukar berhasil membawa Kukar menjadi juara umum di MTQ Ke-43 Tingkat Provinsi Kaltim untuk kelima kalinya. 

"Jadi ini juara umum MTQ yang ke lima kali berturut-turut," ucap Edy Damansyah, kepada awak media.

Edy, sapaan karibnya, menyampaikan bahwa pembinaan indikator dalam pengembangan Al-Quran itu berjalan baik di Kukar.

"Saya mengingatkan keberhasilan ini tidak lantas kita ria atau berpuas diri. Yang paling utama itu disyukuri. Itu pun yang selalu saya ingatkan kalo pembinaannya baik, hasilnya pun pasti baik," ujarnya.


Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa mimpi besar Kukar mewujudkan generasi yang Quranni serta membumikan quran di Kukar.

"Lalu mengentaskan buta Al-Quran di Kukar. Jadi yang menjadi fokus Pemerintah Kukar Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) lalu Badan Koordinasi Pendidikan Alquran Keluarga Sakinah Indonesia (BKPAKSI) yang baru saja musyawarah, untuk bersinergi dalam pengembangan Al-Quran," tuturnya.

Dia juga menegaskan, pencapaian Kukar sebagai Juara Umum MTQ Ke-43 Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2022 merupakan buah hasil kerja bersama.

"Sangat berterimakasih dan rasa syukur kita dalam capaian prestasi ini bisa raih kembali dan ini adalah buah kerja tulus dan ikhlas kita. Terutama jajaran LPTQ Kukar, para pelatih, pembina, dan yang paling utama para putra putri anak-anak ku yang bergabung di kafilah Kukar," jelas Edy. 

"Mereka sangat disiplin, rajin berlatih. Mengikuti semua arahan, petunjuk-petunjuk para pembimbing dan pelatih," sambungnya.

Kukar hingga tahun ini belum tergeser dari keduduannya menjadi juara umum selama lima tahun silam. Walapun Kukar telah menjadi yang terbaik dalam MTQ Ke-43 Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2022, sang juara pun tetap menggelar evaluasi internal.

"LPTQ tidak hanya mempersiapkan pelaksanan MTQ, tapi yang paling utama mendorong pengembangan tilawatil quran di Kukar. Lalu yang selalu saya pesankan bagaiman pengkaderan anak-anak kita yang selalu jadi juara," ucapnya.

Dalam pengkaderan yang dilakukan oleh Kukar sangat memperhatikan umur, dalma pengkaderannya. Dikarenakan ada faktor umur yang mempengaruhi kategori lomba.

"Lapisan regenaris haru disipakan dengan baik. Tapi melihat gambaran selama ini sudah kita kerjakan dengan baik. LPTQ sudah memiliki konsep dan kita Pemerintah Kukar selalu memberikan dukungan, khususnya dalam pembiayaan supaya nanti pembinaan berjalan dengan baik," ujarnya.

Tidak hanya sampai disitu saja, Edy menjelaskan, terus meningkatkan kopetensi pembinaan dan para pelatih. Kalo yang pembina dan pelati berkulaitas, pastinya yang dilatih hasilnya berkualitas.

Dikonfimasi secara terpisah, juara 1 tilawatil quran anak-anak putra terbaik di MTQ Ke-43 Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2022 Muhammad Hafi Elzahrazi. Pada malam penutupan Muhammad Hafi Elzahrazi mendapatkan kesempatan untuk bertilawatil quran dihadapan Gubernur Porvinsi Kaltim Isran Noor serta Wakil Gubernur Hadi Mulyadi.

Muhammad Hafi Elzahrazi menyampaikan, dirinya sangat senang dan bahagia telah mendapatkan juara 1 terbaik anak-anak putra.

"Saat lomba lumayan gugup," ucap Muhammad Hafi Elzahrazi.

Hafi menjelaskan, akan tetap semangat dalam mengikuti kompetisi MTQ. Persiapan mengikuti perlombaan MTQ Hafi merasa tidak ada kendala selama dirinya berlatih.

Dikonfirmasi secara bersama Ari Ariansah orang tua ananda Muhammad Hafi Elzahrazi, sangat bertrimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda telah menggelar perlombaan ini.

"Anak saya bisa termotifasi untuk mengembangkan Al-Qurannya dengan adanya MTQ. Mudah-mudahan Kaltim menjadi yang tebaik ditingkat Nasional," tutup Ari Ariansah.


Video Terkait:
Buaya Sepanjang 6 Meter Diamankan dari Labuan Cermin
Editor: Amelia