OLAHRAGA

Panitia Jamin Keselamatan Penonton Formula E

Jangan Bikin Malu Jakarta dan Indonesia di Mata Internasional Dong!

Pekerja membongkar atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh untuk diperbaiki di Ancol, Jakarta, Minggu (29/5/2022). (Foto: Hafidz Mubarak A / Antara)
Pekerja membongkar atap tribun penonton sirkuit Formula E yang roboh untuk diperbaiki di Ancol, Jakarta, Minggu (29/5/2022). (Foto: Hafidz Mubarak A / Antara)


JAKARTA - Salah satu atap tribun penonton Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, ambuk pada hari, Jumat (27/5/2022) malam. Angin kencang dituding sebagai penyebab ambruknya atap tribun tersebut.

Namun jangan khawatir, panitia balap Fomula E Jakarta menjamin keamanan dan keselamatan penonton di JIEC. Jaminan keamanan dan keselamatan disampaikan Principle HSE Consultan dari FEO Richard Bates.

Dia menjelaskan bahwa FEO bersama dengan PT Jakarta Propertindo atau JakPro memastikan bahwa atap tribun penonton yang ambruk akan terpasang kembali sesuai standar. Serta sangat layak, karena sudah sesuai standar internasional.

"Terkait pembangunan yang dilakukan bersama JakPro yang sudah diselesaikan, kualitasnya kelas dunia,” kata dia dalam konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, kemarin.

Direktur Bisnis PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Gunung Kartiko juga mempertegas bahwa FEO sudah memastikan dari sisi material infrastruktur dan lainnya kelas dunia. Salah satunya grand stand yang sudah terpasang itu mempunyai standar tersendiri, sehingga FEO impor dari luar negeri.


Dia juga menjelaskan bahwa dirinya meyakini kinerja para engineer dari FEO dan JakPro yang profesional. Bahkan konsultan dari FEO juga bekerja sama mulai dari merancang sampai nantinya mengoperasikan infrastrukturnya.

"Dan saya sendiri merasakan standarnya memang sangat tinggi. Itu yang membuat kita yakin," kata Gunung.


Jaga Gengsi di Mata Internasional
Menyusul robohnya atap tribun penonton Formula E Jakarta, Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta meminta panitia ajang balap mobil listrik untuk berbenah. Sebab, tugas utama untuk memastikan keselamatan penonton dan peserta.

Ketua Fraksi PSI DPRD DKI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengaku sangat bersyukur tidak ada korban dalam insiden ambruknya atap tribun penonton Formula E Jakarta.

"Tapi panitia harus segera berbenah, waktunya sudah sangat mepet, kami berharap panitia bisa memastikan pada hari pelaksanaan tidak ada kejadian serupa karena akan mengorbankan keselamatan orang-orang yang ada di sana," kata Anggara dalam keterangan yang diterima wartawan, Senin (30/5/2022).

Anggara berharap hal ini menjadi momentum bagi panitia untuk memastikan kembali kesiapan acara dan menjadi perhatian serius. Apalagi, kata dia, ini merupakan pembangunan sirkuit paling cepat di antara negara-negara lain. Maka dari itu, harus dapat pastikan bahwa semuanya ideal untuk hari pelaksanaan dari segala sisi

Anggara mengharapkan agar pelaksanaan gelaran Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022 nanti akan berjalan dengan lancar. Akan tetapi, dia mengingatkan agar pelaksana bersiap-siap dalam mempertanggungjawabkan perhelatan ini mengingat ada penggunaan dana APBD DKI Jakarta.

"Kita tentu berharap agar acara berjalan dengan lancar. Selain masalah keselamatan, gengsi di mata internasional harus dijaga."

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Kamrussamad juga meminta agar nama baik Jakarta dan Indonesia di mata internasional tetap dijaga.

Menurut dia, kejadian ambruknya atap tribun penonton Formula E dapat membawa dampak kecelakaan hingga merusak citra DKI Jakarta dan Indonesia di mata internasional, khususnya di dunia otomotif.

Dia mengingatkan Pemprov DKI di mana pelaksanaan pembangunan yang begitu cepat, wajib memenuhi syarat tata kelola pemerintahan yang baik, tata kelola keuangan hingga menyangkut spesifikasi teknis dan waktu pelaksanaan.

"Jangan karena terburu-buru, kualitasnya jadi terabaikan," kata dia, kemarin.

Dirinya mendesak agar pembangunan fasilitas Formula E di dalam kawasan Ancol diaudit. "Kita meminta audit khusus untuk tribun Formula E yang ambruk," kata dia.

Wakil rakyat asal DKI Jakarta itu memastikan usai gelaran kegiatan Formula E, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan pemeriksaan di akhir tahun.

Sebelumnya, atap penonton tribun Formula E ambruk. Foto kejadian tersebut diunggah oleh warganet di akun Facebook bernama Roby Byan Ant dan sempat viral. Dia mengunggah beberapa foto grand stand Formula E yang ambruk.

Sampai dengan hari Minggu (29/5/2022) kemarin, sebagaimana diberitakan Info Indonesia, atap salah satu tribun penonton Formula E Jakarta yang ambruk belum diperbaiki oleh kontraktor pembangunan.

Kondisi tribun penonton di sirkuit internasional Formula E Jakarta nampak atapnya yang masih menutupi, dan kerangka besi penyanggahnya terlihat miring.

Kerangka besi penyanggah atap tribun yang tak mampu menahan gempuran angin kencang mengakibatkan atap ambruk ke bangku penonton.

Padahal, sehari sebelumnya, Sabtu (28/5/2022), Ketua Komite Penyelenggara, Ahmad Sahroni, yang membenarkan bagian atap dari tribun grand stand ambruk itu menyebut sudah ada proses perbaikan atap yang dilakukan oleh pekerja di lokasi.

"Sedang dalam proses perbaikan,” kata Sahroni, Sabtu (28/5/2022).

Sahroni tidak merinci penyebab besi penyangga tribun tersebut bisa ambruk saat diterjang angin. Namun ada juga kabar yang menyebut besi penyangga kurang kuat.


Video Terkait:
Kawasan Ancol Jadi Sirkuit Formula E
Editor: Saeful Anwar