DAERAH

Gubernur Kaltim Meresmikan IPA Bengkuring Berkapasitas 60 Liter Per Detik

Gubernur Kaltim resmikan Pembangunan Peningkatan IPA Bengkuring kapasitas 60L/detik, di Bengkuring,Kecamatan Samarinda Utara, Senin siang (30/05/22). (Istimewa)
Gubernur Kaltim resmikan Pembangunan Peningkatan IPA Bengkuring kapasitas 60L/detik, di Bengkuring,Kecamatan Samarinda Utara, Senin siang (30/05/22). (Istimewa)


SAMARINDA - Gubernur Kaltim resmikan Pembangunan Peningkatan IPA Bengkuring kapasitas 60L/detik, di Bengkuring,Kecamatan Samarinda Utara, Senin siang (30/05/22).

Kegiatan Peresmian yang hadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Walikota Samarinda Andi Harun, Kepala Dinas PUPR AM. Fitra Firanda, dan Dirut Perumda Tirta KencanaNor Wahid Hasyim itu berjalan dengan meriah. Peresmian Peningkatan IPA Bengkuring yang menambah kapasitas ketersediaan air bersih hingga 60L/detik, menjadi kabar baik bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, kebutuhan air bersih menjadi kebutuhan utama masyarakat untuk menjalani kehidupan.

Isran Noor mengatakan, jika saat ini akan terus meningkatkan pengairan air bersih ke rumah-rumah masyarakat. Menurutnya, kebutuhan utama tersebut harus terpenuhi, lantaran saat ini jumlah masyarakat yang semakin banyak.

“Itu kan kebutuhan utama masyarakat, kalau air memang masih belum merata, tapi ini sudah lebih baik dari kemarin, terutama daerah pedalaman, yang belum terakses, sekarang mulai bisa terakses,” ucap Isran.

Isran sapaan karibnya menyampaikan, ketersediaan air bersih di Kaltim akan terus di tingkatkan, mulai dari ketersediaan air bersih untuk aktivitas sehari-hari ataupun untuk air minum.


“Ini akan kita teruskan, air yang kurang dari 30 persen itu, itu yang akan kita penuhi terus,” ujarnya.

Demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, Mantan Bupati Kutim tersebut akan terus melakukan kolaborasi antara pihak terkait dan para swasta untuk pengadaan air bersih.

“Kita jelas akan kolaborasi antara Pemprov dan swasta, untuk pengadaan air bersih ini,” tegasnya.

Terkait kendala, Ia mengatakan tak ada kendala yang rumit dalam proses pengadaan air bersih bagi masyarakat. Begitu pun dengan anggaran yang di gunakan.

“Terkait anggaran, ada juga dari pusat, tapi gak semua ya. Perusahan juga terlibat, seperti KPC, Berau coal, di Jembayan juga membangun air bersih, peran swasta juga ada,” jelasnya.

Ia memastikan jika tak perlu khawatir atas ketidak ketersediaannya air bersih, karena Pemprov akan terus meningkatkan tersalurnya air bersih di tiap-tiap rumah warga.

“Untuk kekhawatiran air bersih kota pastikan gak ada, tinggal bagaimana mengelolanya saja yang penting,” terangnya.

Di sisi lain, Kepala Teknis Perumdam Tirta Kencana Ali Rachman mengatakan, jika saat ini secara nyata baru di jalankan sebanyak 45L/detik. Belum maksimalnya aliran tersebut, di karenakan pompa yang menunjang secara maksimal hingga 60L/detik masih dalam pemesanan.

“Baru di jalankan 45l/detik, belum maksimal, karena pompa belum datang, insya allah bulan depan datang, kita akan maksimalkan,” katanya.

Walaupun demikian, Ali memastikan terkait gangguan aliran air bersih yang mengalir di sekitaran Samarinda Utara akan berjalan dengan baik.

“Untuk aliran yang terganggu di Samarinda utara, yang selama ini bergilir, insya allah tidak ada giliran, kalau ada giliran, kita buka sambungan baru,” sambungnya.

Ribuan masyarakat, akan merasakan ketersediaan air bersih yang nantinya akan maksimal, setelah pompa air juga tersedia secara penuh.

“Total 3600 keluarga yang akan tersalurkan, itu kalau baru, karena ini layanan bergilir, maka yang bergilir yang kami utamakan,” bebernya.

“Setelah itu, sisanya baru untuk pengguna baru,” tutupnya.

(NFL/ADV/KominfoKaltim)


Video Terkait:
Buaya Sepanjang 6 Meter Diamankan dari Labuan Cermin
Editor: Amelia