POLHUKAM

Golkar, PPP dan PAN Siap Gelar Pertemuan, Rumuskan Capres?

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. (Net)
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. (Net)


JAKARTA - Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar pertemuan pada Sabtu (4/6/2022). 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan, pertemuan itu untuk mempertegas tindak lanjut dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam menghadapi kontestasi mendatang.

"Silaturahmi nasional dan penandatanganan semacam MOU antara ketiga partai ini. Di sana sudah dibicarakan agenda-agendanya apa termasuk agenda pada saat membicarakan paslon capres-cawapres," kata Doli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022).

Doli menegaskan bahwa partainya tetap menginginkan Airlangga Hartarto menjadi calon presiden di 2024. Hal itu, kata dia, sudah diputuskan dalam Munas 2019 dan Maret 2021. 

"Kami sudah putuskan bahwa capres kami adalah Pak Airlangga," tegasnya.


Doli juga memberikan penjelasan mengapa partai warisan orde baru itu tegak lurus mendukung Airlangga Hartarto menjadi calon presiden. Menurutnya, Airlangga Hartarto merupakan kader terbaik. 

Bahkan, kata Doli, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa sudah mengetahui bahwa Partai Golkar bakal mengusung Airlangga. Kendati begitu, karena Partai Golkar bagian dari KIB tentu pembicaraan capres maupun cawapres harus dibicarakan bersama.

"Kalau bicara paket capres-cawapres tentu nanti Golkar tak bisa lagi sendiri, bicara bertiga dengan PAN dan PPP," pungkasnya. 

Editor: Amelia