OLAHRAGA

Kembalinya Piala Presiden, Liga 1 Butuh Turnamen Pramusim

Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat launching Piala Presiden 2022 di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Senin (6/6/2022). (Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, saat launching Piala Presiden 2022 di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Senin (6/6/2022). (Kemenpora)


JAKARTA – Turnamen pramusim Piala Presiden akan kembali digelar menjelang kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Dua tahun terakhir, turnamen tersebut tidak dilaksanakan karena pandemi COVID-19, namun tahun lalu diganti menjadi Piala Menpora 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali mengapresiasi dan mendukung penuh Piala Presiden 2022. "Saya juga menyampaikan apresiasi dari Bapak Presiden Joko Widodo terhadap kegiatan sepak bola yang kita lakukan. Itu berarti kita sudah memasuki masa-masa normal. Diharapkan akan sukses dan ujungnya menuju kompetisi Liga 1 musim 2022-2023," kata Zainudin saat menghadiri launching Piala Presiden 2022 di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Zainudin memastikan dukungan penuhnya agar kompetisi pra musim ini berjalan dengan lancar. "Pemerintah akan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap apa yang dibutuhkan PSSI dan PT LIB, karena persiapan untuk memasuki kompetisi liga musim 2022-2023, kita sangat membutuhkan turnamen pra musim seperti ini," ujarnya.

Menurut Menpora, kompetisi yang dilakukan, baik Liga 1 dan Liga 2, memiliki tujuan sebagai tempat untuk para talenta-talenta sepak bola nasional mengasah kemampuannya.

"Ini sangat bagus dan luar biasa, dukungan dari sponsor juga luar biasa. Pemerintah siap memberikan dukungan apapun yang dibutuhkan PSSI dan LIB," tegasnya.


Piala Presiden 2022 dijadwalkan berlangsung pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022. Terdapat empat kota penyelenggara yakni Bandung, Solo, Malang, dan Samarinda.

Diikuti 18 tim, peserta bakal dibagi ke dalam empat grup, dengan masing-masing diisi oleh 4-5 tim. Setiap grup nantinya akan dipusatkan ke dalam satu kota dengan satu tim bertindak sebagai tuan rumah.

"Persiapan sudah dilakukan PSSI dan PT LIB. Nantinya ada 4 venue yang akan digunakan yakni di Solo, karena Pak Presiden berasal dari Kota Solo. Kemudian Malang karena pernah menjuarai Piala Presiden. Bandung karena pernah juga menjuarai Piala Presiden. Samarinda karena kita mendukung pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur. Semoga semua bisa berjalan dengan aman, lancar dan terkendali," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Editor: Rusdiyono