POLHUKAM

PILPRES 2024

Segera Deklarasi Dukung AHY, Projo NTB: Kami Bukan PDIP

Ketua Projo NTB, Imam Sofian saat bertemu Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono di Jakarta. (Dok. Mandalikapost)
Ketua Projo NTB, Imam Sofian saat bertemu Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono di Jakarta. (Dok. Mandalikapost)


JAKARTA - Relawan Pro Jokowi Nusa Tenggara Barat (Projo NTB) berencana melakukan deklarasi dukungan kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon Presiden (Capres) 2024.

Ketua Projo NTB, Imam Sofian mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan konsolidasi internal bersama seluruh DPC Projo di NTB. Konsolidasi, kata dia, menyiapkan dukungan untuk AHY sebagai Capres.

"Kami Ormas (Organisasi Masyarakat), bebas menentukan sikap siapa yang kami dukung," ujar Imam Sofian di Mataram, Selasa (7/6/2022).

Imam menegaskan jika suara Projo adalah suara rakyat. Hal ini disampaikan Imam Sofian sekaligus menepis pernyataan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) NTB, Raden Nusa Abriadi yang menyatakan Projo akan tetap selaras dengan PDIP dalam arah dukungan politik 2024 mendatang.

"Kami Projo, bukan PDIP sebagaimana yang disampaikan saudara Raden Nuna di media massa. Karena kami Ormas dan bukan partai politik. Namun Projo ini rasa partai politik yang bisa saja nanti nama yang muncul dari Projo NTB ialah Ketum (Demokrat) AHY sebagai calon Presiden," kata dia.


"Seperti juga yang ditekankan Ketum Projo Budi Arie, suara Projo suara Rakyat yang nanti akan didapat saat musyawarah besar rakyat," kata dia dilansir koranntb.com. 

Adapun rencana soal deklarasi mendukung AHY maju di Pilpres 2024, bakal dilakukan bulan ini. "Kami akan mengundang seluruh anggota dan pengurus DPC Projo Kabupaten/Kota untuk hadir dan menyatakan sikap bersama mendukung AHY sebagai Capres 2024."

Dengan elektabilitas AHY yang tinggi dan modal politik yang kuat, kata Imam, maka sangat layak publik mendukung AHY.

Selain itu, ada beberapa alasan Projo NTB mendukung AHY sebagai Capres untuk Pemilu 2024. Pertama, kata dia, AHY adalah calon termuda berparas tampan dan sekaligus satu-satunya bakal Capres 2024 yang di bawah usia 50 tahun di tahun 2024.

"Dengan modal ini AHY tentu sangat di gandrungi oleh kalangan muda milenial," kata dia.

Kemudian dari sisi kapasitas, AHY pernah berpengalaman menjadi TNI dan Pimpinan Parpol. AHY juga dikenal sosok yang cerdas dan cepat belajar. Pengalaman selama 14 tahun menjadi tentara yang banyak penugasan setidaknya menjadi modal bagi AHY.

Dari sisi partai, AHY memiliki dukungan yang penuh dari Partai Demokrat, dengan dukungan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang pernah menjadi Presiden Republik Indonesia. Kemudian, AHY sebagai mantan tentara juga dapat dikatakan sebagai keunggulan.

“Meski cuma berpangkat Mayor, sosok tentara dalam diri AHY melekat kuat dan ini bisa memberi persepsi bagus bagi pemilih yang mengharapkan negeri ini bisa ditata dengan ketegasan dan konsistensi yang kuat," ujarnya.

Editor: Saeful Anwar