POLHUKAM

Jet Tempur China Jatuh Menimpa Rumah Penduduk

Ilustrasi: Jet tempur jatuh (Foto: AFP)
Ilustrasi: Jet tempur jatuh (Foto: AFP)


JAKARTA - Satu unit pesawat tempur milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) jatuh di Xiangyang, Provinsi Hubei, China, Kamis (9/6/2022).

Pesawat jenis J-7 itu jatuh saat menjalani misi latihan. Akibat kecelakaan tersebut, seorang warga tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka. Sementara pilotnya selamat melalui kursi lontar.

Pilot dan korban luka segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Rekaman dari lokasi kecelakaan yang diunggah oleh kantor berita Xinhua menunjukkan api menimbulkan asap hitam mengepul ke udara dari sebuah jalan di Xiangyang. Beberapa bangunan tempat tinggal yang tertimpa jatuhnya pesawat tempur telah berubah menjadi puing-puing.

Departemen kedaruratan setempat bergegas menuju lokasi kejadian begitu mendapatkan informasi jatuhnya pesawat tempur J-7.


Sampai saat ini aparat masih melakukan penyelidikan lebih lanjut mengenai kecelakaan tersebut.

Dalam tiga bulan terakhir di China telah terjadi kecelakaan udara, dua di antaranya melibatkan pesawat sipil. Kecelakaan terbesar menimpa pesawat China Eastern Airlines yang jatuh di Daerah Otonomi Guangxi pada 21 Maret lalu, seluruh penumpang dan awak yang berjumlah 132 orang tewas.

Kala itu, penerbangan China Eastern MU5375 sedang melakukan perjalanan dari kota Kunming ke Guangzhou ketika secara misterius jatuh dari ketinggian 29.000 kaki ke lereng gunung.

Otoritas penerbangan sipil China tidak segera menemukan alasan atas insiden tersebut dan mengatakan penyelidikan sedang berlangsung.

Bulan lalu, Wall Street Journal melaporkan bahwa penyelidik AS yakin seseorang di dalam pesawat itu sengaja menabrakkan Boeing 737-800 buatan Amerika tersebut, mengutip seseorang yang mengetahui penilaian awal insiden itu.

Editor: Saeful Anwar