POLHUKAM

PILPRES 2024

Anies Baswedan dan Sri Mulyani Masuk Radar PKB

(Foto: Instagram / jazilulfawaid_real)
(Foto: Instagram / jazilulfawaid_real)


JAKARTA - Setelah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pamer kedekatan jajaki koalisi untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, kini koalisi "semut merah" itu menawarkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk 2024.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengunggah foto Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang berdampingan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024.

Dalam unggahannya di akun media sosial Instagram @jazilulfawaid_real, yang terpantau redaksi Minggu (12/6/2022), Jazilul Fawaid menuliskan "Bersatu untuk Umat. Bismillah."

Saat dikonfirmasi, Jazilul yang juga sebagai Wakil Ketua MPR RI itu mengatakan jika meme duet Cak Imin dengan Anies yang diunggahnya dia terima dari seorang kiai muda.

"Ya saya upload saja di Instagram saya. Karena itu bagian dari aspirasi," ujar Jazilul saat ditemui wartawan, di Alun-alun Kota Tangerang, Minggu (12/6/2022).


Jazilul mengatakan, Cak Imin dengan Anies pada Pemilu 2024 belum pasti terjadi. Partainya , kata dia, masih menjajaki kemungkinan sosok lain yang akan dipasangkan dengan Ketua Umum PKB di pemilihan presiden dan wakil presiden mendatang.

Selain Anies, kata dia, ada nama-nama lain yang bisa diusung sebagai cawapres untuk mendampingi Cak Imin, antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sementara itu Ketua Umum PKB, Cak Imin menyatakan bakal maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Tanpa malu-malu, Imin mengaku melirik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk mendampinginya sebagai calon wakil (cawapres).

"Insya Allah nanti kita maju di 2024 dapat pasangan yang baik, pasangan yang tepat, salah satu yang saya lirik menjadi calon wakil presiden saya adalah bu Sri Mulyani, Menteri Keuangan," ujar Muhaimin di Alun-alun Kota Tangerang, Minggu (12/6/2022).

Cak Imin menilai Indonesia butuh sosok pemimpin yang memahami ekonomi untuk mengatasi berbagai krisis yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Sri Mulyani, kata dia, merupakan figur yang cocok bagi PKB untuk bisa jadi pemimpin.

"Butuh wakil presiden yang kuat, yang mengerti ekonomi."

Akan tetapi, Cak Imin mengaku belum berbicara dengan Sri Mulyani soal posisi cawapres. Hal itu, kata Imin, akan dibicarakan setelah PKB melakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun partai politik yang lain.

Editor: Saeful Anwar