POLHUKAM

PILPRES 2024

KIB Prioritaskan Ketum Jadi Capres

Ketum PAN, Zulkifli Hasan, bersama Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dan Ketum Partai Persatuann Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, memberikan keterangan usai Silaturahim Nasional KIB di Jakarta, Sabtu (4/6/2022). (Detik.com/Annisa)
Ketum PAN, Zulkifli Hasan, bersama Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dan Ketum Partai Persatuann Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, memberikan keterangan usai Silaturahim Nasional KIB di Jakarta, Sabtu (4/6/2022). (Detik.com/Annisa)


JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan ketua umum partai yang berada di dalamnya untuk diusung sebagai calon presiden di 2024 nanti. 

"Dari internal KIB, tiga ketua umum partai politik dicalonkan di pilpres. KIB memprioritaskan calon dari internal," kata Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, di Jakarta, Minggu (12/6/2022). 

Dia menjelaskan bahwa sosok capres yang dipilih dari internal bertujuan untuk membangun koalisi semakin kuat dan memperbesar kekuatan politik di Pilpres 2024. Akan tetapi, Viva Yoga menyampaikan, KIB tidak menutup pintu bagi para tokoh di luar koalisi untuk nantinya diusung sebagai capres dan cawapres. 

"Dari luar KIB ada beberapa nama yang telah beredar di publik akan kami monitor dan masuk radar pencalonan di KIB," ujarnya. 

Namun, hingga saat ini KIB belum akan mengumumkan sosok capres dan cawapres yang akan diusung. Sebab masih berfokus merapikan barisan sampai ke tingkat akat rumput di basis konstituen masing-masing.


"Waktu penentuan pasangan calon akan ditentukan kemudian. Jangan tergesa-gesa, jangan terburu-buru, jangan grusak grusuk. Ojo kesusu," jelas Viva Yoga. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, meyakini Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, akan diusung sebagai capres oleh KIB. Dia yakin Airlangga yang akan diusung karena Golkar merupakan partai terbesar di dalam koalisi. 

"Ya Golkar kan sebagai partai terbesar di koalisi itu, itu penting," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022). 

Menurut dia, saat ini Golkar masih memegang teguh hasil musyawarah nasional dengan terus mendorong Airlangga untuk diusung sebagai capres.

"Nah kalau Golkar sendiri ya kita masih konsisten hasil Munas Partai Golkar, dimana Pak Airlangga sebagai capres. Tapi tentu kita juga harus mendengarkan pandangan-pandangan parpol lain," jelas Ace. 

Hanya saja KIB belum bicara soal figur yang akan diusung. Sejauh ini koalisi hanya membahas soal gagasan. 

"Tentu hingga saat ini kan kita belum bicara soal figur ya. Yang kita bicarakan adalah politik gagasan itu, di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan hal-hal yang ditawarkan kepada masyarakat terkait dengan politik gagasan tersebut," papar Ace. 

Dia pun meyakini jika KIB akan terus bertahan hingga pelaksanaan Pemilu 2024. Sebab untuk menghadapi pemilu parpol-parpol tidak bisa sendirian. 

"Ya kita sangat yakin karena bagaimanapun membangun bangsa ini kan tidak bisa sendiri. Dan karena itu kita harus yakin bahwa koalisi ini akan bisa bertahan hingga 2024," pungkas Ace yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Senin, 13 Juni 2022.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo