EKONOMI

Program ASO Sukses Diproyeksi Beri Kontribusi Ekonomi RI Hingga Rp3.549 T

Ilustrasi TV digital/pixabay
Ilustrasi TV digital/pixabay


JAKARTA - Seiring pelaksanaan kebijakan Analog Switch Off (ASO) TV broadcasting terhadap industri pertelevisian Indonesia, pemerintah akan menata kembali pita spektrum frekuensi 700 MHz untuk memperluas penggelaran jaringan 5G. Sehingga cakupan layanan 4G dan 5G dapat lebih menjangkau masyarakat.

“Tanpa adanya penataan frekuensi, akses internet tidak maksimal. Teknologi 5G tidak akan tersedia tanpa adanya penataan frekuensi,” terang Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.

Frekuensi 700 Mhz disebut juga golden frequency, merupakan sebagai sumber daya yang terbatas dan memiliki nilai guna yang tinggi. 

Menteri Johnny menegaskan, Indonesia tidak jauh tertinggal dengan negara-negara lain dalam menerapkan teknologi digital dan jaringan 5G. "Kita telah memulai ASO Penyiaran TV pada 30 April 2022 dan akan terus dilakukan sampai dengan 2 November 2022, sebagaimana amanat UU Cipta Kerja. Selanjutnya masyarakat di Indonesia akan dilayani melalui siaran telisi digital penuh," ujar Menkominfo.

Hal itu disampaikannya dalam Keynote Speech Unpacking the Metaverse: Akselerasi Transformasi Digital dalam Menyambut Teknologi Masa Depan di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, beberapa waktu lalu. 


Menkominfo menyatakan, manfaat dari penggelaran jaringan 5G diproyeksikan akan menciptakan sebanyak 4,6 juta lapangan pekerjaan baru bidang 5G dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional sebesar Rp2.874 triliun pada 2030. 

"Nilai kontribusi ini juga diperkirakan akan terus meningkat dan dapat menciptakan 5,1 juta lapangan pekerjaan baru, dan diproyeksikan kontribusi terhadap perekonomian mencapai Rp 3.549 triliun pada 2035," tambahnya. 

Namun, dia menegaskan potensi itu akan bisa diwujudkan jika seluruh elemen bangsa bersama menyukseskan full digital broadcasting pada November 2022 agar memberi ruang lebih luas bagi pertumbuhan jaringan 5G di dalam negeri.

#ASO #AnalogSwitchOff #TVdigital #SiaranDigitalIndonesia #ASO2022


Video Terkait:
Iko Uwais Bakal Jadi Penjahat di The Expendables 4
Editor: Widya Victoria