WARNA-WARNI

Mata Uang Kripto Terjun Bebas, Apa Kabar Investasi El Salvador?

Presiden El Salvador Nayib Bukele. (Net)
Presiden El Salvador Nayib Bukele. (Net)


JAKARTA - El Salvador merupakan negara yang menaruh perhatian lebih pada mata uang kripto atau cryptocurrency. Pemerintah negara itu bahkan membeli ribuan Bitcoin tahun lalu ketika mengumumkan bahwa mata uang kripto akan menjadi alat pembayaran yang sah di negara. 

Namun ketika ketika pasar cryptocurrency mengalami gejolak baru-baru ini, investasi El Salvador dengan cepat kehilangan nilainya hingga setidaknya 50 juta dolar AS.

Tercatat bahwa sejak September 2021, pemerintah El Salvador yang dipimpin oleh Presiden Nayib Bukele telah mengumpulkan 2.301 Bitcoin senilai 103 juta dolar AS. Namun sekarang, Bitcoin mereka bernilai sekitar 51 juta dolar AS, turun lebih dari separuh nilai sebelumnya. 

Pasar crypto yang lebih luas, yang tumbuh pesat selama pandemi, telah jatuh dalam beberapa bulan terakhir. Bahkan pada Senin (13/6/2022), nilai Bitcoin turun di bawah 24 ribu dolar AS. Jumlah ini menandai level terendah sejak Desember 2020.

Namun demikian, sebagaimana dimuat CNN, Bukele pada hari Selasa (14/6/2022) menyatakan bahwa antusiasmenya terhadap cryptocurrency tidak berkurang. Dia bahkan bereaksi terhadap komentar yang dilaporkan dari menteri keuangan El Salvador bahwa penurunan tersebut hanya mewakili sebagian kecil dari anggaran nasional mereka. 


Editor: Amelia