POLHUKAM

Zulhas Diisukan Bakal Diangkat Jadi Mendag, Pengamat: Berkah PAN Menuju 2024

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Net)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Net)


JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melantik Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi. 

Peneliti Politik dari Surabaya Survey Center Surokim Abdus Salam mengatakan, bakal masuknya Zulkifli Hasan ke dalam kabinet akan menguntungkan PAN.

"Untuk kepentingan 2024 pengangkatan Pak Zulhas dalam kabinet jelas merupakan berkah luar biasa untuk PAN," kata Surokim saat diwawancara Info Indonesia, Rabu (15/6/2022).

Dikatakannya, jika PAN dapat mengelola isu positif dan Zulhas bisa menunjukkan kinerja positif. Maka, akan berdampak pada peningkatan elektabikitas dari partai berlambang matahari terbit itu. 

Pengangkatan ini, ujar Surokim, jelas politis dan pertimbangan Presiden Jokowi pasti sangat kompleks. Bukan hanya sekedar bagi-bagi kursi. Namun, juga melihat dari segi kepentingan masyarakat. 


"Memang banyak hal yang menjadi sorotan terkait kinerja Mendag selama ini dari sudut itu saya pikir reshuffle tepat sebagai respons atas ekapektasi masyarakat," imbuhnya.

Selain itu, jika kinerja Zulkifli Hasan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Maka akan mengerek elektabilitas PAN. Disampaikan Surokim bahwa posisi yang bakal diemban Zulhas sangat berat, jika benar diangkat menjadi Mendag. Bahkan, lanjutnya, posisi Zulhas nanti akan menjadi hidup dan mati partai berlambang matahari terbit itu.

"Ini akan menjadi pertaruhan untuk Pak Zulhas dan PAN dalam setahun ke depan," tuturnya.

Maka dari itu, Zulhas harus memberikan banyak terobosan ,minimal bisa menjawab keinginan publik dalam mengatasi kebutuhan bahan pokok masyarakat. 

"Perlu usaha ekstra Pak Zulhas menjawab keinginan publik," pungkas

Editor: Amelia