POLHUKAM

Rakyat Tunggu Sepak Terjang Zulkifli Hasan Sebagai Mendag

Presiden Jokowi diapit Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto (kanan) usai pelantikan menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Antara/Indra Arief)
Presiden Jokowi diapit Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto (kanan) usai pelantikan menteri baru Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022). (Antara/Indra Arief)


SURABAYA - Sepak terjang Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi layak ditunggu.

Demikian disampaikan pengamat politik dan komunikasi dari Universitas Airlangga (Unair), Suko Widodo, di Surabaya, Rabu (15/6/2022).
 
"Sepak terjang Zulkifli Hasan untuk bisa menstabilkan harga bahan pokok yang tengah melambung akan ditunggu oleh rakyat," ujarnya.

Suko Widodo menilai posisi Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan sangat layak diganti karena tidak bisa menstabilkan harga, seperti minyak goreng. Meski begitu, dosen FISIP Unair itu cukup kaget ketika Zulkifli Hasan yang ditunjuk untuk menjadi Menteri Perdagangan.

"Bagi saya posisi Menteri Perdagangan harus diganti, tapi kalau penggantinya Zulkifli Hasan memang sedikit mengagetkan. Karena saya belum tahu apa dia punya background pedagang atau bukan," ujarnya.

Keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Zulkifli Hasan sebagai Mendag cukup menarik karena selama ini menteri untuk kader PAN adalah posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).


"Tapi menteri itu adalah pembuat kebijakan. Jadi, tidak seberapa penting latar belakangnya, yang penting dia mampu dinilai mampu menjalankan tugasnya," jelas Suko Widodo.

Sementara, untuk Hadi Tjahjanto yang dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil, Suko Widodo mengaku tidak seberapa kaget, mengingat Presiden sudah sangat mengenal sosok mantan Panglima TNI tersebut.

"Hadi Tjahjanto adalah orang yang sudah dikenal Presiden Jokowi lama, akan mudah memahami ritme kerja presiden," tuturnya.

Selain dua posisi menteri, Presiden Jokowi juga melantik tiga wakil menteri baru yang berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 M Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Berdasarkan surat yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kemensesneg, Nanik Purwanti, tiga wakil menteri baru yang dilantik yakni Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afrianyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan dan Raja Juli Anthony sebagai Wakil Menteri Agragria dan Tata Ruang/Wakil Kepala BPN.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo