POLHUKAM

Prabowo Tak Masuk Bakal Capres Nasdem, Gerindra: Enggak Ada Masalah

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022). (Foto: Hafidz Mubarak / Antara)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di DPP Partai Nasdem, Jakarta, Rabu (1/6/2022). (Foto: Hafidz Mubarak / Antara)


JAKARTA - Partai Gerindra tidak mempermasalahkan nama Prabowo Subianto tak masuk dalam daftar bakal calon presiden dari Partai Nasdem.

Padahal, Ketum Nasdem Surya Paloh dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang pernah sama-sama memikul visi besar di Partai Golkar sempat bertemu di Nasdem Tower, Jakarta, sebelum Surya Paloh mengumandangkan tiga nama bakal capres untuk diusung Nasdem di Pilpres 2024.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan jika kedatangan Prabowo ke Nasdem Tower adalah kunjungan silaturahmi dua orang sahabat lama, yakni Surya Paloh dan Prabowo Subianto.

"Ya enggak ada masalah. Kemarin itu kunjungan silaturahmi, dan kita diundang untuk melihat gedung baru utama dan tidak ada bicara juga soal politik," kata Dasco, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/6/2022).

Dasco mengatakan, Partai Gerindra mengapresiasi keputusan Partai Nasdem mengusung tiga nama sebagai bakal capres 2024. "Apa yang disampaikan dalam keputusan Rakernas Partai Nasdem tentunya kami Partai Gerindra juga mengapresiasi dan tidak ada masalah bagi kami," kata Dasco, yang juga Wakil Ketua DPR RI.


Sementara itu, Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani tidak ingin berkomentar soal pilihan bakal capres Nasdem. Namun demikian, dia menyatakan jika pihaknya menghormati apapun keputusan Nasdem yang memiliki pertimbangan sendiri terkait pilihan Pilpres 2024.

"Saya tidak bisa mengomentari atas hasil raker partai lain, itu urusan rumah tangga partai lain, saya menghormati apapun keputusan rakernas Nasdem dan apapun yang diputuskan oleh kawan-kawan Nasdem," kata Muzani pada wartawan, Jumat (17/6/2022).

"Nasdem tentu memiliki cara pandang masing-masing. Sekali lagi kami menghormati dan menhargai atas apapun yang diputuskan Nasdem."

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengumumkan tiga nama bakal calon presiden yang dipertimbangkan untuk diusung di Pilpres 2024.

Berdasarkan urutan yang dibacakan, ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan; Panglima TNI Jenderal Muhammad Andika Perkasa; dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Tiga nama hasil penyaringan aspirasi 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) itu diumumkan dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center, tadi malam.

Paloh menekankan, tiga nama bakal capres merupakan hasil musyawarah dalam Rakernas. Dia juga menegaskan bahwa tidak ada nama yang paling unggul atau paling lemah di antara ketiganya.

"Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara, saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain di antara tiga nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai ketua umum DPP. Urutannya boleh satu, dua, tiga, tapi kualifikasinya sama dan itulah komitmen saya, penghargaan saya kepada saudara-saudara di Rakernas," ujar Surya Paloh, Jumat (17/6/2022).


Video Terkait:
Joman Usul Jokowi Tambah Masa Jabatan
Editor: Saeful Anwar