POLHUKAM

PILPRES 2024

Koalisi Gerindra dan PKB Sepakat Usung Prabowo-Imin

Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, usai menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Sabtu (18/6/2022) malam. (CNNIndonesia/Yogi Anugrah)
Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, usai menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Sabtu (18/6/2022) malam. (CNNIndonesia/Yogi Anugrah)


JAKARTA - Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat membentuk koalisi yang diberi nama Kebangkitan Indonesia Raya dalam menghadapi Pemilihan Umum 2024.

Kesepakatan itu diambil setelah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, bertemu di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (18/6/2022) malam.

"Kita sudah mencapai titik-titik pertemuan, titik-titik kerja sama, titik-titik kesepakatan. Di mana, kita secara garis besar menyatakan keinginan kita masing-masing untuk bersama-sama bekerja sama dengan erat untuk menghadapi tanggung jawab kenegaraan tersebut yaitu Pilpres, Pileg dan Pilkada 2024," jelas Prabowo.

Prabowo mengaku telah berkomunikasi intensif dengan Imin sebelum pertemuan antara keduanya digelar. 

"Kami sebagai ketua umum partai yang punya konstituen dan pengikut yang begitu besar tentunya kami sadar akan tanggung jawab tersebut dan kami berminat untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya," ujar Menteri Pertahanan tersebut.


Imin pun mengamini apa yang disampaikan Prabowo. Dia berharap kerja sama keduanya bisa dilanjutkan dengan parpol-parpol lain demi menghadapi Pemilu 2024.

"Malam hari ini semakin menguat kerja sama itu sampai pada kesimpulan apa yang disampaikan oleh Pak Prabowo bahwa PKB dan Gerindra siap bekerja sama secara utuh menyeluruh menjelang dan menyiapkan pilpres, pileg dan pilkada di 2024," jelasnya.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu PKB, Jazilul Fawaid, menyebut bahwa koalisi Kebangkitan Indonesia Raya akan mengusung pasangan Prabowo-Imin.

"PKB-Gerindra sepakat dan terbentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, dengan pasangan Mas Bowo-Gus Muhaimin," katanya saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (19/6/2022).

Jazilul menyebut deklarasi resmi segera dilaksanakan dan tinggal mencari waktu yang tepat.

"Kita sedang mencari hari yang baik untuk deklarasi resminya. Insya Allah kita langsung tancap gas bergerak ke masyarakat," jelasnya.

Koalisi baru itu juga rencananya akan mengajak Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bergabung.

"Kami juga akan mengajak partai-partai lainnya untuk bergabung bersama-sama membangun koalisi yang kuat, baik PKS, Demokrat dan lainnya,"  jelas Jazilul.

Senada disampaikan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, bahwa pihaknya bersama PKB membuka pintu kerja sama dengan parpol-parpol lain dalam menghadapi Pilpres 2024.

"Tidak menutup kemungkinan kerja sama dengan partai-partai lain," katanya.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo