EKONOMI

Bingung Migrasi dari Analog? Cari Tahu Lewat WhatsApp TV Digital

Kementerian Kominfo
Kementerian Kominfo


JAKARTA - Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) paling lambat 2 November 2022. Masyarakat diminta segera beralih ke siaran TV digital.

Seiring dengan tahapan program migrasi siaran TV digital ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyediakan layanan chatbot WhatsApp Migrasi Siaran Digital sejak 30 April lalu. Layanan Kemenkominfo itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi mengenai program suntik mati TV analog.

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengatakan, layanan chatbot itu merupakan salah satu inovasi untuk menyosialisasikan program ASO di Indonesia.
"Bagi masyarakat yang ingin mengakses chatbot Whatsapp Migrasi Siaran Digital bisa melalui nomor WhatsApp 08118202208," ujarnya.

Saat mengakses chatbot, pengguna akan menemukan delapan menu utama yang bisa dipilih, yaitu: informasi umum tentang ASO, jadwal tahapan ASO, wilayah terdampak ASO di masing-masing tahap, dan informasi tentang bantuan set top box (STB) dan STB bersertifikasi.

Klik informasi yang dibutuhkan. Kemudian, chatbot akan menampilkan informasi yang ingin kamu ketahui.
Geryantika menambahkan, selain melalui nomor WhatsApp TV digital, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi kanal-kanal resmi dari Siaran Digital Indonesia, seperti situs, Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan Youtube.


"Kami berharap, kehadiran layanan chatbot ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mencari informasi seputar ASO dan mengimbau agar segera beralih ke siaran digital tanpa harus menunggu siaran analog di wilayahnya dimatikan," ungkapnya.

Proses penghentian siaran TV analog ini dilakukan dalam tiga tahap. ASO Tahap 1 pada 30 April di 56 wilayah siaran mencakup 166 kabupaten/kota, ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 mencakup 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan ASO Tahap 3 pada 2 November mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

Implementasi penghentian TV analog dan beralih ke TV digital ini berdasarkan sesuai UU 11/2020 tentang Cipta Lapangan Kerja dan Peraturan Pemerintah 46/2021.


#ASO #AnalogSwitchOff #TVDigital #SiaranDigitalIndonesia #ASO2022

Editor: Widya Victoria