POLHUKAM

PILPRES 2024

Belum Sekarang, KIB Cari Waktu Tepat Umumkan Capres

Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Net)
Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Net)


JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memastikan belum akan mengumumkan calon presiden untuk diusung Pilpres 2024.

"(Capres) KIB diumumkan nanti pada waktunya," kata Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Jakarta, Minggu (19/6/2022) malam.

Dia menegaskan pengumuman itu belum akan disampaikan dalam waktu dekat, walaupun parpol lain sudah mengumumkan kandidat capres yang bakal diusung. 

"Belum untuk sekarang," kata Airlangga.

Pernyataan itu disampaikan Airlangga saat menanggapi langkah Partai Nasdem yang mengusung tiga nama sebagai bakal kandidat capres dari hasil rakernas pekan lalu.


Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengumumkan tiga nama yang akan diusung dalam Pilpres 2024 yaitu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa; dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Beberapa waktu sebelumnya, tiga ketua umum parpol secara resmi menandatangani nota kesepahaman dibentuknya KIB. Penandatanganan dilakukan oleh Airlangga Hartarto bersama Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Suharso Monoarfa, dan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan.

Airlangga menegaskan bahwa keputusan yang diambil dalam KIB bersifat kolektif dan kolegial.

"Bertemu dengan siapapun sudah sepengetahuan pimpinan partai yang lain," ujarnya.

Dia menambahkan, KIB dibentuk untuk menghilangkan politik identitas, menaikkan elektabilitas parpol hingga saling mengisi antar-anggota koalisi untuk membangun Indonesia ke depan.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo