POLHUKAM

Bakal Seirama, Jokowi Penentu Capres KIB

Presiden RI Joko Widodo. (Net)
Presiden RI Joko Widodo. (Net)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengambil peranan yang sangat penting dalam pemilihan umum (pemilu) maupun pemilihan presiden (pilpres) 2024 yang akan datang. 

Pasalnya, partai pendukung pemerintah semakin kuat. Apalagi, sejak bergabungnya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan kedalam Kabinet Indonesia Maju (KIM).

Kekuatan Jokowi juga terlihat ketika tiga ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berada di dalam satu kabinet kerja saat ini.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, Jokowi bakal memegang aktor penting dalam penentuan calon presiden dan calon wakil presiden dari KIB. 

"Ada indikasi kesana. Tiga partai itu (Golkar, PPP, dan PAN) akan seiringan dengan Presiden Jokowi dengan kandidat capres maupun cawapres di 2024 nanti," jelas Karyono saat diwawancarai Info Indonesia, Senin (20/6/2022).


Karyono juga meyakini bahwa ketiga ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu ini akan mengikuti arahan Jokowi dalam menentukan pasangan calon nantinya.

"Akan berjalan seirama dengan keinginan presiden," tandasnya. 


Video Terkait:
Ubedilah Badrun Dilaporkan Relawan Jokowi Mania ke Polisi
Editor: Amelia