DAERAH

Cetak Sejarah Jumlah Peserta Terbanyak, Herman Deru Yakin Fornas VI Sumsel Sukses

Persiapan Tuan Rumah Kian Matang

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mencoba egrang dalam Road to Fornas VI 2022 Sumsel di Jakabaring Sport City, Palembang. (Ist)
Gubernur Sumsel, Herman Deru, mencoba egrang dalam Road to Fornas VI 2022 Sumsel di Jakabaring Sport City, Palembang. (Ist)


PALEMBANG - Masyarakat Sumatera Selatan patut berbangga karena penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI yang digelar 1-7 Juli mendatang segera mencetak sejarah sebagai daerah penyelenggara dengan jumlah peserta kontingen terbanyak. 

Dari 10.000 peserta kontingen yang ditargetkan awal, kini jumlah peserta yang terdaftar sudah melebihi target yakni mencapai 11.000 yang berasal dari 34 provinsi. 

"Fornas VI Sumsel ini akan menjadi sejarah karena atlet yang ikut ini jumlahnya terbanyak dalam penyelenggaraan Fornas di Indonesia. Karena itu, kita semua tanpa terkecuali harus tampil menjadi bagian acara ini. Mohon doa juga agar penyelenggaraan ini sukses digelar dan sukses juga membawa nama baik Sumsel," ujar Gubernur Sumsel, Herman Deru, saat menghadiri Senam Bersama Road to Fornas VI 2022 Sumsel di Stadion Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Minggu (19/6/2022). 

Memasuki H-12 pelaksanaan Fornas Herman Deru berharap kesuksesan penyelenggaraan bukan hanya karena sigapnya panitia atau Kormi namun karena keterlibatan masyarakat Sumsel. Dia juga meminta masyarakat Sumsel menunjukkan keramahannya kepada para peserta kontingen dan pegiat olahraga rekreasi yang akan datang ke Kota Palembang. 

"Jangan sampai mereka pulang membawa oleh-oleh kekecewaan atas sambutan kita. Tunjukkan pada mereka, meskipun ada budaya yang beda kita bisa terima mereka dengan baik," jelas Herman Deru. 


Tak hanya itu, meski sebagai tuan rumah, menurut dia, peserta kontingen asal Sumsel juga harus menunjukkan sportifitas yang tinggi dan tidak menang sendiri. Untuk itu Herman Deru berkomitmen mengingatkan wasit dan juri agar tetap independen. 

Saat ini, dikatakannya, gegap gembita menyambut Fornas di segala penjuru Sumsel mulai terasa. Karena itu, dia juga tetap mengingatkan agar masyarakat boleh gembira namun tetap menjaga segala kemungkinan agar terhindar dari COVID-19. 

"Gembira boleh tapi jangan terlalu euforia. Segera lengkapi vaksin dan lakukan booster," tambahnya. 

Demikian juga kepada para pelaku UMKM, Bapak Infrastruktur Sumsel itu berharap agar dapat memaksimalkan momentum Fornas sebagai waktu yang pas untuk bangkit dari pandemi. 

Menurut Herman Deru, geliat ekonomi sudah cukup terlihat. Di mana saat ini hotel-hotel mulai penuh terisi serta pengiriman makanan khas pempek yang terus meningkat bahkan mencapai 11.000 ton per hari. 

"Ini waktunya kita menunjukkan kebangkitan ekonomi setelah dua tahun terjadi kontraksi. Ekonomi bangkit, olahraga sukses dan aman sehingga perekonomian Sumsel tetap terjaga," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Fornas VI Sumsel, Achmad Syamsuddin, membenarkan bahwa penyelenggaraan Fornas Sumsel begitu luar biasa. Dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya, sebanyak 11.000 lebih kontingen yang telah mendaftar merupakan jumlah peserta terbanyak dalam ajang Fornas.

"Karena itu kita harus siap menyukseskan Fornas VI Sumsel 1-7 Juli nanti," katanya. 

Selain menantikan arahan Gubernur Sumsel selanjutnya, Syamsuddin juga terus mengharapkan dukungan dari semua Organisasi Perangkat Daerah terkait. 

Untuk ikut menyukseskan penyelenggaraan event ini, BSB juga meluncurkan kartu uang elektronik/BSB Cash limited edition Fornas VI Sumsel. 

Selain peresmian tanda hitung mundur H-12 pelaksanaan Fornas, dalam kesempatan itu juga diserahkan mock up kartu uang elektronik BSB dari Direktur BSB, Achmad Syamsuddin, kepada Gubernur Herman Deru. 

Kegiatan itu diisi dengan penampilan lima inorga yang ambil bagian dalam Fornas, di antaranya egrang, futsal, BMX dan lainnya. Acara semakin meriah karena Gubernur Herman Deru turun langsung menjajal permainan egrang serta senam gembira bersama warga Sumsel. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut antara lain Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kemenpora, Suryati; Ketua TP PKK Provinsi Sumsel, Febrita Lustia Herman Deru; Ketua Kormi Sumsel, Samantha Tivani Herman Deru; Duta Antinarkoba dan Duta Literasi Provinsi Sumsel, Ratu Tenny Leriva Herman Deru; Komisiaris Utama BSB, Edi Junaidi; dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel.


Video Terkait:
Gubernur Sumsel Umumkan Nama Anak Percha Leanpuri
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo