POLHUKAM

Jokowi-Luhut Saling Membutuhkan

Presiden Butuh Pembantu Dengan Karakter Buldoser

Presiden Joko Widodo Berbincang dengan Menko Marves Luhut Binsar saat akan melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Sumatera Selatan, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/1/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)
Presiden Joko Widodo Berbincang dengan Menko Marves Luhut Binsar saat akan melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Sumatera Selatan, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/1/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)


JAKARTA - Pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang merasa dilindungi oleh Presiden RI, Joko Widodo adalah hal biasa.

Pengamat politik Karyono Wibowo mengatakan, relasi antara Luhut dengan Jokowi adalah simbiosis mutualisme. Luhut dan Jokowi, kata Karyono, saling menguntungkan dan melindungi.

"Jokowi butuh LBP (Luhut Binsar Pandjaitan). LBP butuh Jokowi, tidak heran Jokowi lindungi LBP dari berbagai tekanan," kata Karyono saat dihubungi Info Indonesia, Selasa (21/6/2022) malam.

Menurut Karyono, Presiden Jokowi memang membutuhkan pembantu yang memiliki karakter buldoser. Itu, kata Karyono, hanya dimiliki oleh Luhut meskipun banyak Purnawirawan TNI yang ada di lingkaran Presiden Jokowi.

"Jokowi butuh tipe pembantu yang memiliki karakter buldoser kayak Pak LBP. LBP lebih senior, berani dan lebih nekat," kata Karyono.


Akan tetapi, kata Direktur eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) itu, alangkah baiknya Luhut tidak mengunkapkan hal-hal yang bisa menimbulkan kecurigaan di ruang publik. Dirinya meminta agar Luhut tidak seperti Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Pak LBP tidak perlu ungkap ke publik. Enggak perlu playing victim kayak SBY. Itu bisa menimbulkan saling curiga," kata dia.

Sebelumnya,  Luhut Binsar Pandjaitan memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Joko Widodo, yang pada hari ini genap berusia 61 tahun.

Luhut yang sudah ada sejak awal Jokowi memerintah memberikan ucapan cukup manis. "Tidak mudah mencari pimpinan seperti Presiden Jokowi," kata Luhut di akun Instagram miliknya.

Dalam kalimat yang diucapkan Luhut kepada Jokowi, dia merasa ada sejumlah keputusan Jokowi yang membuat dirinya merasa dilindungi. Salah satunya, dengan menggeser Luhut ke sejumlah posisi.

"Sebagai seorang pimpinan sekaligus sahabat yang saling percaya satu sama lain, saya seringkali merasa bahwa beliau berkali-kali berupaya melindungi saya dengan memindahkan saya ke beberapa posisi, mungkin beliau tidak pernah sampaikan secara eksplisit maksud dari sikap beliau, tetapi saya tahu maksudnya," kata Luhut.

Berikut ucapan ulang tahun Luhut kepada Jokowi:

Tidak mudah mencari pemimpin seperti Presiden Joko Widodo.

Delapan tahun lamanya sejak saya diberikan kepercayaan untuk menjalankan tugas sebagai menteri di bawah kepemimpinan Presiden @jokowi , saya menyadari bahwa ada rasa percaya yang cukup besar ketika melihat keteladanan dalam memimpin yang beliau tunjukkan. Hal itu tidak berubah sejak dahulu saya mengenal beliau belasan tahun yang lalu, Pak Jokowi tidak pernah punya kepentingan pribadi dalam jabatannya sebagai Kepala Negara Republik Indonesia.

Pun demikian hal nya para pemimpin negara yang saya temui, mereka semua selalu menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo. Saya berpikir apakah apresiasi dan rasa hormat itu muncul karena keteladanan "leadership" beliau, atau karena mereka melihat Indonesia saat ini termasuk negara yang perekonomiannya tetap tahan terhadap goncangan meski di tengah gempuran krisis global yang melanda seluruh dunia ? Apapun itu, bagi saya yang paling penting adalah saya bahagia bisa bekerja dan mengabdi secara "all out" untuk beliau.

Sebagai seorang pimpinan sekaligus sahabat yang saling percaya satu sama lain, saya seringkali merasa bahwa beliau berkali-kali berupaya melindungi saya dengan memindahkan saya ke beberapa posisi, mungkin beliau tidak pernah sampaikan secara eksplisit maksud dari sikap beliau, tetapi saya tahu maksudnya.

Selamat Ulang Tahun ke-61, Presiden Joko Widodo. Tetap penuh semangat dan inspirasi meskipun ujian datang silih berganti. Semoga Tuhan YME selalu memberikan berkat kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam memimpin Ibu Pertiwi.


Video Terkait:
Jokowi Sentil Kebiasaan Impor
Editor: Saeful Anwar