OLAHRAGA

PIALA PRESIDEN 2022

Permalukan Persija 5-1, Pelatih Rans Nusantara Tetap Lakukan Evaluasi

Pertandingan Piala Presiden 2022 antara Persija Vs Rans Nusantara FC. (Tangkapan Layar / Info Indonesia)
Pertandingan Piala Presiden 2022 antara Persija Vs Rans Nusantara FC. (Tangkapan Layar / Info Indonesia)


SAMARINDA - Evaluasi kepada para pemain Rans Nusantara FC tetap dilakukan meski telah berhasil meraih kemenangan telak 5-1 menghadapi Persija Jakarta, pada pertandingan grup B Piala Presiden 2022, di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (22/6/20222) malam.

Pelatih Rans Nusantara FC, Rahmad Darmawan atau yang akrab disapa RD mengatakan, evaluasi tak hanya mengarah pada momentum penyelesaian akhir, namun lini pertahanan juga menjadi sorotan, khususnya dalam mengantisipasi serangan lawan memasuki menit akhir pertandingan.

" Intinya kami berharap para pemain harus selalu siap dan waspada dengan pergerakan lawan," kata RD usai pertandingan.

Pada pertandingan itu, RD mengaku telah menerapkan strategi yang berbeda dari dua laga yang dilakoni tim berjuluk the Phoenix tersebut.

"Kami menginstruksikan kepada pemain untuk melakukan pengawalan ketat kepada semua pemain lawan, dan dari momentum itu bisa terlahir gol akibat kesalahan lawan karena salah dalam mengantisipasi bola," kata RD.


RD mengaku bersyukur pada laga tersebut para pemainnya bisa mencetak gol sejak menit awal babak pertama, situasi itu menambah kepercayaan diri para pemainnya untuk mengembangkan taktik dan strategi di lapangan.

"Secara umum tim kami telah berjuang dengan baik, dan poin pentingnya kami bisa meraih kemenangan pertama di turnamen pra musim ini," kata RD.

Pada laga itu, RD sengaja memberikan kesempatan sekitar 30 menit kepada Makan Konate untuk mencicipi pertandingan.

"Saya berharap Konate bisa cepat beradaptasi dengan tim, momentum pertandingan sangat diperlukan Konate untuk memulihkan kemampuan terbaiknya," kata RD.

Rans Nusantara vs Persija berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (22/6/2022) malam WIB.

Dalam pertandingan lanjutan Grup B Piala Presiden 2022, Macan Kemayoran kalah telak 5-1.

Rans mencuri keunggulan 1-0 di menit ke-15. Septian Satria Bagaskara yang merobek gawang Macan Kemayoran lewat sundulan.

Pada menit ke-44, Edo Febriansyah menerima umpan dan melakukan solo run hingga bisa menceploskan bola ke gawang Adre Persija. Skor 2-0 menjadi milik Rans sampai babak pertama tuntas.

Mengawali babak kedua, Rans tampil oke. Alhasil mereka mampu diperbesar keunggulan menjadi 3-0 lewa gol Kodai Lida di menit ke-56.

Bukan memperkecil ketertinggalan, Persija malah kembali kebobolan. David Laly yang memanfaatkan peluang di menit ke-69 untuk membawa Rans memimpin 4-0.

Derita kembali dialami Persija setelah Cristian Gonzales di menit ke-84 membuat skor menjadi 5-0.

Persija akhirnya membuat gol hiburan di menit ke-88. Ryohei Miyazaki mengubah skor akhir menjadi 5-1.

Kemenangan ini membuat Rans naik ke posisi puncak klasemen sementara Grup B dengan torehan lima poin dari tiga pertandingan yang telah dilakoni.

Sedangkan kekalahan hari Rabu malam membuat Persija terpuruk di dasar klasemen Grup B dengan poin nol dari dua pertandingan.

Berikut Klasemen Grup B Piala Presiden 2022 Grup B

  1. Rans Nusantara FC
  2. Barito Putera
  3. Borneo FC4
  4. Madura United
  5. Persija Jakarta
Editor: Saeful Anwar