POLHUKAM

PEMILU 2024

Koalisi Nasdem dan Demokrat Baru Tingkat Permulaan

Surya Paloh dan AHY usai pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Detik.com)
Surya Paloh dan AHY usai pertemuan di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Detik.com)


JAKARTA - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, menyatakan bahwa partainya kemungkinan besar akan berkoalisi dengan Partai Demokrat pada Pemilu 2024.

"Penjajakan ke arah koalisi pasti dilakukan ya," katanya usai menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Surya Paloh mengungkapkan, selain dengan Partai Demokrat, Nasdem juga akan melakukan penjajakan dengan parpol-parpol yang belum membentuk koalisi.

"Baru tingkat permulaan, baru tahapan penjajakan," ujarnya.

Menurut Surya Paloh, sebelum memutuskan untuk membangun koalisi dirinya ingin terlebih dulu melakukan diskusi secara mendalam dengan parpol lain. Misalnya, membahas persoalan yang sedang dialami rakyat saat ini hingga tantangan global yang bakal dihadapi Indonesia.


"Melihat, mendengarkan pikiran-pikiranya. Tidak hanya sekadar membahas masalah pemilu yang ada di dalam negeri saja, tapi juga membahas bagaimana kondisi kekinian yang ada di dalam negeri kita dan yang ada di dalam dunia internasional," paparnya.

Surya Paloh mengaklu khawatir jika permasalahan yang ada saat ini dan berbagai tantangan global tidak diantisipasi akan berdampak buruk bagi Indonesia.

"Dengan berbagai masalah-masalah resesi yang ada yang mungkin saja bisa berimbas ke kondisi dalam negeri kita," tutupnya.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo