POLHUKAM

Pertemuan Nasdem dan Demokrat Untuk Indonesia yang Dicita-citakan

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Foto: Galih Pradipta / Antara)
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Kamis (23/6/2022). (Foto: Galih Pradipta / Antara)


JAKARTA - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dengan Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada hari ini, Kamis (23/6/2022), di Nasdem Tower, Jakarta, berlangsung hangat, cair, penuh tawa.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Nasdem, Hermawi Taslim mengatakan, pertemuan antara kedua Ketum bagian dari perjalanan kebangsaan menuju Indonesia yang dicita-citakan.

Selain dari itu, pertemuan yang berlangsung hari ini, antara Demokrat-Nasdem bagian dari silaturahmi kebangsaan, yang terus dikembangkan partainya.

Sebab, Nasdem memandang betapa pentingnya pimpinan partai bertemu mempertemukan hati untuk mengambil keputusan bersama dalam kontestasi 2024.

Hari ini, kata dia, sama seperti pertemuan Nasdem dengan PKS, pertemuan dengan Demokrat tidak menghasilkan keputusan apa-apa.


Namun yang pasti, berdasarkan hasil Rakernas, Nasdem memiliki tiga kandidat calon presiden untuk Pilpres 2024.

"Siapa tau ada hati yang bertemu dari partai lain. Nasdem menyadari tidak bisa mengusung, tapi harus membangun," kata Hermawi Taslim dalam tayangan YouTube Metrotvnews.

"Hari ini belum menentukan, tapi sedang mempertemukan hati, menyamakan visi dan misi."

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengumumkan tiga nama bakal calon presiden yang dipertimbangkan untuk diusung di Pilpres 2024.

Berdasarkan urutan yang dibacakan, ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan; Panglima TNI Jenderal Muhammad Andika Perkasa; dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Tiga nama hasil penyaringan aspirasi 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) itu diumumkan dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center, tadi malam.

Paloh menekankan, tiga nama bakal capres merupakan hasil musyawarah dalam Rakernas. Dia juga menegaskan bahwa tidak ada nama yang paling unggul atau paling lemah di antara ketiganya.

"Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara, saya harus mengingatkan tidak ada yang kurang satu sama lain di antara tiga nama ini. Nilainya sama di mata saya sebagai ketua umum DPP. Urutannya boleh satu, dua, tiga, tapi kualifikasinya sama dan itulah komitmen saya, penghargaan saya kepada saudara-saudara di Rakernas," ujar Surya Paloh, Jumat (17/6/2022).


Video Terkait:
Joman Usul Jokowi Tambah Masa Jabatan
Editor: Saeful Anwar