EKONOMI

Netizen Ngeluh Gambar dan Suara Hilang di TV Digital, Cari Tahu Layanan Cek Sinyal

Seorang warga menyaksikan siaran pertandingan sepak bola melalui TV digital di Bandung, Jawa Barat. (Tim Komunikasi dan Edukasi Migrasi Siaran TV Digital)
Seorang warga menyaksikan siaran pertandingan sepak bola melalui TV digital di Bandung, Jawa Barat. (Tim Komunikasi dan Edukasi Migrasi Siaran TV Digital)


JAKARTA - Sosialisasi siaran TV digital tengah gencar-gencarnya di Indonesia. Pemerintah resmi menghentikan siaran analog (Analog Switch Off/ASO) secara bertahap mulai 30 April 2022.

Namun beberapa warganet mengeluhkan buruknya siaran TV digital. 

"Di tempat saya malah gak muncul sama sekali sinyalnya.. Padahal sudah pakai antena luar. Bagaiman solusinya," kata odi_rp dala kolom komentar akun Instagram tvdigitalIndonesia, dikutip Kamis (23/6/2022). 

Lainnya mengaku siaran TV-nya sering hilang ketika dimatikan. "Tiap hari harus nyari siaran," kata setyanano.

"Kualitas ga ada gambar & suaranya," tulis ded_kurnia. 


Keluhan serupa disampaikan warga yang bermukim di wilayah perbukitan. "Masih lemah sinyalnya... apalagi yang kampung di kelilingi bukit.. dah sudah banget.. kode pos 44152 mudah-mudahan cepet stabil," pinta fefen_ependi.

"Kualitas siaran nya diperbaiki. Sukabumi cuma TVRI doang," keluh rahmat_5357.

Hilangnya sinyal TV digital tidak serta merta begitu saja. Dilansir dari berbagai sumber, biasanya terdapat beberapa faktor penyebabnya seperti cuaca buruk, terjadi perubahan arah atau posisi antena, sinyal terhalang, hingga pemancar dan penerima siaran terlalu jauh. 

Kominfo menyediakan aplikasi Sinyal TV digital ini untuk memudahkan masyarakat cek sinyal TV digital di wilayah sekitarnya. Tak hanya sekedar cek sinyal, aplikasi ini juga akan memberi informasi apakah lokasi kalian sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang.

Selain dengan aplikasi Sinyal TV digital, masyarakat juga dapat cek siaran TV digital ini melalui situs Kominfo seperti pada laman https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

Setelah mengecek sinyal TV digital di daerah detikers, pastikan perangkat televisi yang dimiliki sudah mendukung siaran tersebut yang dalam hal ini spesifikasinya Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Siaran TV digital menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak ada pada TV analog, mulai dari kualitas gambar lebih bersih, suara jernih, ada fitur sistem peringatan dini, hingga TV digital ramah keluarga karena penonton bisa membatasi program acara sesuai usia dengan teknologi parental lock, dan fitur Electronic Program Guide (EPG) untuk melihat kategori, jadwal, dan deskripsi acara.

 

#ASO #analogswitchoff #TVdigital #siarandigitalindonesia #ASO2022

 


Video Terkait:
Iko Uwais Bakal Jadi Penjahat di The Expendables 4
Editor: Widya Victoria