POLHUKAM

Puan-Erick Tidak Menjual, Probowo-Puan Lebih Rasional

Puan Maharani dan Prabowo Subianto. (Net)
Puan Maharani dan Prabowo Subianto. (Net)


JAKARTA - Jika dikehendaki Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, pasangan calon Puan Maharani - Erick Thohir bukan tidak mungkin terwujud. Namun, pasangan itu dinilai tidak menjual di pemilu presiden (pilpres) 2024. 

"Pasangan ini tidak terlalu kuat dari sisi tingkat keterpilihan sekarang ini," kata Direkrut Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara saat diwawancarai Info Indonesia, Jumat (24/6/2022).

Igor mengatakan, seharusnya PDIP tidak memaksakan diri untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden maupun calon wakil presiden. Saran Igor, lebih agar PDIP mengusung Prabowo Subianto. 

"Lebih rasional jika PDIP mencalonkan Prabowo-Puan dan membentuk koalisi bersama Gerindra dan PKB," jelas Igor.

Menurut Igor, PDIP sebagai pemenang pemilu legislatif 2014 dan 2019, tidak akan rela jika Puan Maharani hanya sebagai calon wakil presiden.


"Apakah mau posisi Puan sebagai kader PDIP di posisi cawapres, walaupun elektabilitas Prabowo jauh lebih tinggi daripada Puan," kata Igor. 

Sementara itu, untuk pasangan calon Puan Maharani-Erick Thohir bisa terwujud tanpa harus berkoalisi dengan partai politik lain. Jika tetap memaksakan Puan Maharani sebagai calon presiden. 

"Karena PDIP punya syarat lolos dengan 128 kursi di DPR, dan Puan menjadi capresnya," pungkasnya.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Amelia